MEMPAWAH: Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah mengundang tokoh agama Islam di Wilayah Kabupaten Mempawah yang terdiri dari Ormas Islam dan Ormas Kemasyarakatan, di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Rabu (11/06/15).

Hadir sejumlah tokoh agama/ormas Islam yang terdiri dari MUI, PHBI, FKLD, PCNU, BKPRMI, Muhammdiyah, DMI, LDI, FKUB, BKMT, Pengajian Al Hidayah, Syafari Fajar, GMC, FPI, Salimah, Muslimat NU, dan sejumlah tokoh agama lainnya yang ada di Kabupaten Mempawah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Drs. H. Kasiman HN dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Ormas Islam dan Para tokoh Agama yang telah hadir pada kegiatan yang dikhususkan membahas agenda persiapan dalam rangka menyambut bulan suci, yakni ibadah Puasa Ramadhan.

Beliau menghimbau kepada seluruh tokoh yang hadir agar pelaksanaan ibadah puasa nantinya diisi dengan kegiatan yang dapat menghidupkan suasana di bulan Ramadhan, seperti memberikan taushiyah-taushiyah kepada masyarakat di daerah atau wilayah masing-masing, dan menghimbau kepada masyarakat agar melakukan amaliyah-amaliyah yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ketua MUI Kabupaten Mempawah KH. Tusirana, Lc pada saat menyampaikan pendapat, setuju dan sepakat serta mendukung penuh arahan dan himbauan Kepala Kantor Kementerian Agama yakni agar di bulan puasa Ramadhan nantinya umat Islam selalu berlomba untuk memperoleh predikat derajat muttaqin, sebagaimana yang termaktub dalam Al Quran Suarah Al Baqarah ayat 183.

banyak amaliyah-amaliyah yang harus kita berikan penjelasan kepada seluruh masyarakat kita bagi yang beragama Islam di bulan Ramadhan nantinaya seperti: menghidupkan malam dengan sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunat, berinfaq, shadaqah, memberikan makanan untuk berbuka puasa kepada orang lain, membaca al Quran sampai khatam, melakukan aktivitas sosial dan dakwah, membayar zakat, meningkatkan ibadah pada 10 hari terakhir, dan ibadah-ibadah lainnya, tegas KH. Tusirana dihadapan tokoh Agama Islam lainnya.

Sementara itu beberapa tokoh lainnya mendukung dan melakukan kesepakatan dalam rangka mensyiarkan ibadah puasa Ramadhan yang tidak lama akan tiba. Hadir juga seluruh Kepala KUA Kecamatan yang mewilayahi kecamatan masing-masing. (rudi/mpw).