Didalamsuatu daerah tak dapat dipungkiri pasti banyak terdapat berbagai suku, agamadan budaya, yang mana akan sangat riskan apabila kita tidak saling memelihara,menjaga dan menghargai, mengingat bahwa dalam kehidupan dan kerukunan umat beragama bersifat dinamis dan rentan terhadap pengaruh lingkungan global serta berbagai aspek kehidupan nasional maka dari itu kerukunan umat beragama harus tetap dipelihara secara terus menerus dan terarah.

Melihat dariperkembangan kehidupan dan kerukunan umat beragama sangatlah penting dalam hal membangunhubungan yang harmonis dikarenakan hubungan ini bersifat dinamis dan rentan terhadap pengaruh lingkungan global, maka Kementerian Agama Kabupaten Melawi beserta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Melawi memfasilitasi pertemuanini agar kedepan dapat terus dilanjutkan.

Pertemuan Tokoh Agama Lintas Agama Kabupaten Melawi diselenggarakan pada hariKamis tanggal 28 Mei 2015 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab.Melawi.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Bupati Melawi H. Firman Muntaco, MH, di dampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Melawi H. Azharuddin Nawawi,S.Ag juga dihadiri para Tokoh Agama Kabupaten Melawi serta instansi terkaitseperti Kesbangpol, Polres Melawi dan Disporabudpar.

Membangun kebersamaan dalam keberagamaan memangbukan hal yang mudah tapi dengan niat dan tekad itu kita jaga dan peliharasecara terus menerus sehingga kita dapat membangun kabupaten melawi ini menjadibesar dengan bersatu padu antara umat beragama dalam mewujudkan Kabupaten Melawi maju dari kabupaten yang lain. ungkap Firman.