Kemenag@Kalbar. Dalam rangka memantau upaya peningkatan layanan kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si mengunjungi Posko Rumah sehat yang digelar oleh Baznas Provinsi Kalimantan Barat.

Kedatangan Kakanwil beserta rombongan disambut oleh Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Barat Didik Imam Wahyudi bersama para relawan yang bertugas melayani masayakat di Halaman Masji Agung Al-Falah Pontianak, Kamis, 3 April 2020.

Pada kesempatan tersebut Ridwansyah berkesempatan memeriksakan kesehatan, suhu badan,  sekaligus mendapat suguhan minuman jahe hangat yang diproduksi oleh para relawan dibawah pengawasan seorang dokter muda dr. Gustam.

Tidak hanya itu, dr. Gustam bersama para Relawan Rumah sehat juga memproduksi Hansanitizer buatan dari teman2 kesehatan yang dibagikan secara gratis kepada tamu/pasien yang mendatangi Posko Rumah sehat tersebut.

Walaupun dibagikan secara gratis namun ada Pasien/masyarakan yang memberikan infaqnya untuk digunakan sebagai biaya produksi. “Bila tamu/pasien ada yang berinfaq juga diterima untuk diproduksi kembali dan setiap hari kita siapkan gratis, Warga dapat membawa botol 50 mili liter s.d. 100 mili liter” jelas dr. Gustam.

Dr. Gustam menuturkan bahwa saat ini alat pemeriksa suhu tubuh Termometer harganya mencapai Rp. 2.000.000. Demikian juga dengan harga sabun dan jahe semuanya naik. “Apalagi masyarakat sudah mengetahui khasiat jahe terhadap Covid-19 ini” katanya.

Pada kesempatan tersebut, dr. Gustam juga menjelaskan tentang khasiat Wedang jahe yang diramu dengan jeruk lemon dan Gula aren yang diproduksi oleh para relawan untuk dikonsumsi gratis oleh para pasien/tamu.

Dr. Gustam menjelaskan bahwa jahe mengandung anti virus dan toksin yang mampu untuk mengobati sakit tenggorokan dan melegakannya. Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati batuk dan masuk angin.

“Kalo radang tenggorokan, dapat ditekan dengan jahe, juga meningkatkan metabolisma tubuh, dengan terasa hangat dibadan. Sedangkan jeruk lemon mengandung Vitamin c dan kandungan antioksidan yang tinggi, dan gula aren bisa seperti mengenyangkan tetapi tidak bikin gemuk ” katanya.

Sehingga bila digabungkan tiga ramuan tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi infeksi peradangan di badan dan untuk mencegah kanker. “Jadi selain mencegah Covid-19, juga mencegah penyakit yang lain seperti kanker, tetapi lebih baik lagi bila dimbangi dengan bekam” pungkasnya. (Ir)