Kamis, 11 September 2014, 10:41 admin

Kubu Raya Tampil sebagai pengisi tausiah pelepasan Jamaah Haji Kabupaten Kubu Raya Tahun 1435 H/2014 M di Aula Bupati Kubu Raya, Rabu(10/9/2014) adalah Ustad Nurhadi. Nabi Ibrahim a.s. dan putranya, Ismail, diperintahkan Allah untuk membangun kembali Kabah dengan meninggikan fondasinya.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur`an i Surah Al-Baqarah (2): 125, Dan (ingatlah) ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman.

Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang iktikaf, yang rukuk, dan yang sujud." Setelah mereka membersihkan tempat itu Allah berfirman kepada Ibrahim: Kumandangkanlah kepada semua manusia agar melaksanakan ibadah haji (QS Al-Hajj [22]: 27).

Dalam tausiah nya beliau menjelaskan ada tiga pihak yang mengundang dalam ibadah haji ini. Pertama adalah undangan Nabi Ibrahim, dimana berangkat dengan selamat dan pulang dengan predikat haji mabrur. Undangan kedua dari ALLAH SWT, jika jamaah haji yang datang dengan undangan ALLAH SWT akan sampai ke mekkah dan madinah dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik tetapi tidak pulang kesini lagi karena sudah dipanggil pulang oleh ALLAH SWT.

Undangan yang ketiga atau terakhir adalah undangan dari setan, jika jamaah haji yang datang dengan undangan setan maka dapat melakukan proses haji dengan baik tetapi tidak pulang membawa predikat haji mabrur. Jika yang mengundang adalah nabi Ibrahim maka jamaah haji harus memperhatikan tiga hal, tegasnya.

Pertama Tazkiyatun Nafs (Penyucian Jiwa) karena kita akan menginjakkan kaki di tanah mekkah atau madinah yang terhormat (suci). Kedua pembersihan harta, ongkos haji berasal dari harta yang halal.

Ketiga memurnikan niat semata-mata menuju dan memenuhi undangan ALLAH SWT. Ust. Nurhadi meminta para calon jamaah haji untuk menyiapkan bekal keikhlasan termasuk doa. Hadir dalam acara pelepasan ini Bupati Kubu Raya H. Rusman Ali, SH didampingi Sekda Kubu Raya serta kepala SKPD Pemda Kubu Raya dan Kepala Kankemenag Kubu Raya H. Mudjazie Bermawie dengan Kasi PHU Drs. H. Zainuddin. (Bond/KKR)

Berita Terbaru

Berita Terkait