SINGKAWANG. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang menutup secara resmi acara Lomba Qasidah dan Busana Muslim/Muslimah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman Mess Daerah Kota Singkawang pada Minggu malam 15 Januari 2017.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 15 Januari 2017 ini berjalan lancar dan sukses dengan diikuti 40 grup peserta lomba qasidah dan 54 orang peserta lomba busana. Setelah sekitar lima hari semua peserta lomba menampilkan yang terbaik, tibalah pada acara puncak yaitu penutupan lomba dengan mengumumkan siapa yang menjadi juaranya.

Ketua PHBI Kota Singkawang H. Ruslan Karim dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang dan semua pihak yang ikut mensukseskan dan memberikan bantuan serta dukungannya dalam pelaksanaan kegiatan ini. H. Bol (H.Ruslan Karim biasa disapa) juga menerangkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana dakwah dan syiar Islam serta menumbuhkan bakat dan potensi generasi muda.

Sementara itu H. Bujang Sukri staf ahli pemerintahan kota Singkawang yang mewakili walikota Singkawang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia dan dewan juri sehingga kegiatan lomba dapat terlaksana dan berjalan lancar. Ia berharap PHBI akan senantiasa melaksanakan kegiatan seperti ini untuk masa-masa mendatang karena kegiatan seperti ini sangat positif guna menangkal pengaruh negatif khususnya bagi generasi muda Kota Singkawang. Diakhir sambutannya tidak lupa ia mengucapkan selamat kepada para pemenang dan jangan bersedih bagi yang belum menang, karena ini merupakan kemenangan yang tertunda.

Selanjutnya dewan juri membacakan para pemenang lomba. Untuk lomba Qasidah tingkat dewasa se-SINGBEBAS (Singkawang, Bengkayang dan Sambas) Juara I diraih oleh Group Qasidah Sada Azzahra utusan Desa Sungai Jaga B Kabupaten Bengkayang dengan nilai 823 poin. Juara II Group Qasidah Persit Rindam utusan Rindam Pasir Panjang Kota Singkawang dengan nilai 814 poin dan Juara III diraih oleh Group Qasidah Al Hidayah utusan Majlis Taklim Al Hidayah Monterado Kabupaten Bengkayang dengan nilai 807 poin.

Untuk lomba Qasidah tingkat remaja se-SINGBEBAS Juara I diraih oleh Group Qasidah Istiqomah utusan Remaja Masjid Istiqomah Kelurahan Pasiran Kota Singkawang dengan nilai 879 poin. Juara II jatuh pada Group Qasidah Assyifa utusan Madrasah Aliyah Ushuluddin Kota Singkawang dengan nilai 866 poin dan Juara III Group Qasidah Fairuz Sabab utusan MAN MODEL Kota Singkawang dengan nilai 854 poin.

Sementara untuk lomba busana muslim/muslimah tingkat pelajar SMP/MTs/SMA/MA/SMK se Kota Singkawang cabang putri Juara I diraih oleh peserta nomor undian 43 dengan nilai 1056 atas nama Aidin Ananda Putri utusan SMPN 4 Singkawang. Juara II dengan nilai 1033 diraih oleh peserta dengan nomor undian 41 atas nama Nabila utusan SMAN 1 Singkawang dan Juara III diraih oleh peserta nomor undian 63 dengan jumlah nilai 1010 atas nama Lulu Putri utusan SMPN 5 Singkawang.

Untuk cabang putra Juara I diraih oleh peserta nomor undian 48 dengan nilai 978 atas nama Kritino utusan SPP SPMA Singkawang. Juara II dengan nilai 970 diraih oleh peserta dengan nomor undian 24 atas nama Abdul Aziz utusan SMAN 10 Singkawang dan Juara III diraih oleh peserta nomor undian 6 atas nama Angga utusan SPP SPMA Singkawang. (Jk/Hms)