Selasa, 10 September 2019, 09:04 alakhzari

Monterado, Bengkayang_Dalam rangka memperingati Hari Besar Islam, khususnya Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441. Hijriyah, kembali Panitia Hari Besar Islam ( PHBI) Kecamatan Monterado yang dipimpin oleh Uray Pawadi, yg bekerja sama dgn BASNAZ Kecamatan (UPZ) yang diketuai oleh Drs. Rachimin, M. Pd dan segenap Ormas Islam yang ada di Kecamatan Monterado menyelenggarakan Peringatan Tahun Baru Islam pada Hari Ahad (8/9/2019) yang bertepatan dengan 8 Muharram 1441 H. Peringatan dimulai dengan Pawai Ta'ruf yang dilepas oleh Kepala KUA Kecamatan Monterado, Gustian, S. HI. Bermula dari Halaman Kantor Camat Monterado dan berakhir di Masjid Besar Monterado. Pawai Ta'aruf diikuti kurang lebih 29 Kelompok dari berbagai Perwakilan dari berbagai organisasi maupun Kelompok, baik Majelis Taklim, Remaja Masjid, Remaja Islam SMK 1 Monterado, Remaja Islam SLTP, sampai Santri TK Islam Rahmatullah Monterado. Pawai Ta'aruf dimeriahkan oleh Kelompok Drum Band SMK 1 Monterado.

Dalam kesempatan tersebut juga diikuti dengan Ceramah Agama yang disampaikan oleh Al Ustadz Ramli Umar, S. HI selaku Kasi BIMAS ISLAM pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang.  Peringatan Tahun Baru Hijriyah dengan Tema: "HIJRAH DENGAN MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN KEPADA ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALA".

Kegiatan tersebut juga dihadiri Perwakilan Camat Monterado, Kapolsek Monterado yang diwakili oleh  Agung Haryadi, selaku Anggota Kapolsek, Ketua dan Pengurus LPTQ Kecamatan Monterado, Ketua dan Pengurus BKMT Kecamatan serta Perwakilan dan Tokoh Agama dan Pengurus Masjid di Kecamatan Monterado, serta Ketua FKPAI Zona 2 Kecamatan Monterado, Samalantan dan Lembah Bawang M. Nasir, dan Sejumlah Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Dalam Acara tersebut Uray Pawadi selaku Ketua Panitia Hari Besar Islam sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara, mengatakan, sejalan dengan Tema tersebut, beliau juga mengharapkan kepada Jama'ah utk senantiasa memahami dan mendalami hakikat dari Peringatan Hari Besar Islam. Disela Acara selalu diiringi dengan tampilan Qasidah, salah satunya adalah Kelompok Qasidah dari Siswa  SMK 1 Monterado, dalam Tausiyah Al Ustadz Ramli Umar, S. HI mengungkapkan dan menguraikan "Betapa pentingnya memperingati Hari Besar Islam, khususnya Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram. Beliau juga mengungkapkan Sejarah Keluarga Rasulullah, terutama Cucunda Rasulullah HUSIN, yang merupakan sosok dan figur Pemimpin Kaum Syuhada",  Terakhir beliau juga menghimbau : " Dengan Peringatan Tahun Baru Hijriyah senantisa meningkatkan Iman Dan Taqwa, hari ini lebih baik dari yang terdahulu, dengan mengutif Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala : WALAL AKHIROTU KHOIRUL LAKA MINAL ULA", "Dan Hari Kemudian (Akhirat) Itu Lebih Baik Dari Hari Permulaan ( Dunia ). ( Q.S. Adh Dhuha : 4 ). Dikarenakan Jama'ah yang hadir pada Peringatan didominasi oleh kaum Hawa, maka Ramli Umar juga mengutarakan "Hukum bagi Pakaian Wanita" yaitu JILBAB.

Dipenghujung Acara sebagai acara tambahan. Dalam kesempatan itu juga BAZNAS Kabupaten Bengkayang melalui Kasi BIMAS ISLAM juga menyampaikan sejumlah Paket Bantuan berupa Pakaian dan Uang Tunai untuk Pembinaan Anggota Mu'allaf yang ada di Kecamatan Monterado yang tergabung dalam Mu'allaf Center BAZNAS ( MCB ) Kecamatan Monterado dimana GHUFRON AL MA''MUN FARRO'I Selaku Koordinator dan Pembina MCB (Mu'allaf Center BAZNAS) Kec. Monterado yang mewakili menerima bantuan tersebut. Gema Peringatan Tahun Baru Islam diakhiiri dengan Pengumuman dan Pembagian Hadiah bagi Pemenang Pawai Ta'aruf.  Kegiatan dipusatkan di Masjid Besar Kecamatan Monterado.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan juga Piala Umum GEBYAR MUHARRAM 1441 H / 2019 yang diselenggarakan di Desa Kinande Kecamatan Lembah Bawang pada Hari Ahad, tgl 1 Muharram 1441. H /1-9-2019. Penyelenggara FORUM KOMUNIKASI PENYULUH AGAMA ISLAM ( FK-PAI ) Zona 2, (Monterado, Samalantan dan Lembah Bawang), di mana Kecamatan Monterado sebagai Juara Umum. (Gustian)