Sambas, Minggu (15/11/2020) Kepala KUA Kec. Sajad Ahadi,S.Sos pimpin do’a pada acara pembinaan kesehatan calon jama’ah haji tahun 2020 yang diadakan di Aula Kantor Camat Selakau oleh Dinas Kesehatan Kab. Sambas yang dipandu oleh Kepala Puskesmas Selakau dr. Dewi Swastikasari.

Kata sambutan disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. Herlan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas menyampaikan berita duka atas ditundanya keberangkatan haji 2020 serta berita suka.

Acara dibuka dan ditutup oleh dr. Fatah Maryunani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas. Disampaikan bahwa kegiatan pembinaan kesehatan kepada calon jamaah haji ini bertujuan untuk membangun semangat dan memdeteksi secara dini kondisi kesehatan para Calhaj serta mengajak untuk tetap melakukanan cek kesehatan. Dalam kondisi covid seperti ini belaiu mengungkapkan kita harus melakukan protocol kesehatan (3M) mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak.

Dijelaskan oleh Agustiadi, S.SiT dari Dinas Kesehatan Kab. Sambas bahwa kegiatan di Kecamatan Selakau merupakan zona terakhir pembinaan kesehatan Calhaj serta tentang BPJS.

Hj. Fithri yulisa, SKM sebagai TKHI (PPIH Arab Saudi) sebagai pemateri menyampaikan tentang penyakit dan persiapan keberangkatan. Ditambahkan oleh Bripka Andi Rumandito, Amd.Kep mengenai upaya pencegahan dini penyakit serta sampaikan pula oleh dr. Mulia Ananda Rahmadhani lakukanlah selalu cek kesehatan dan olah raga serta makan makanan yang bergizi.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh MAHMUD, S.Kep.Ns selaku PPIH TKHI Kloter yang dibantu oleh petugas medis dari puskesmas Selakau. (AHD)