Pondok Pesantren Raudhatul Ulum I Meranti menggelar puncak dari rangakaian kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy, yakni acara Panggung Gembira Fortitudo Inspiring Generation dari 09 s.d 11 Oktober 2020.

Sebagaimana diketahui, ada 8 rangakaian kegiatan dari Pekan Khutbatul ‘Arsy yang sudah dilaksanakan dari Juli hingga Oktober ini. Kegaiatan pertama adalah kegiatan Pembukaan & Orientasi sebagai kegiatan awal yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa/santri baru baik untuk tingkat MTs maupun MA Raudhatul Ulum Meranti. Berikutnya ada Seminar Bhakti Alumni yang menghadirkan M. Rais. S.Ag, S.Pd., salah satu alumni senior yang saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kota Pontianak. Kegiatan ini digelar pada tanggal 26 Juli 2020 dan dihadiri oleh seluruh santri dan sebagian alumni Pontren Raudhatul Ulum I Meranti.

Kegiatan berikutnya adalah Seminar Kebangsaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2020 dengan menghadirkan Ulil Absor, Ketua Umum Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Kabupaten Kubu Raya sebagai pemateri utama serta Irfan, Wakil Ketua Dewan Mahasiswa IAIN Pontianak. Keesokan harinya digelar acara Pawai Kebangsaan. Acara ini digelar setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2020. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/santri, alumni serta masyarakat sekitar.  

Di penghujung bulan  Agustus ada kegiatan Perkemahan Bahasa yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari 28 s.d 30 Agustus 2020. Kemudian pada tanggal 4 s.d 5 September 2020 digelar acara Pemilihan Duta Madrasah. Acara ini merupakan salah satu ajang pencarian bakat yang diikuti oleh siswa-siswa dari jenjang Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Raudhatul Ulum Meranti.

Kemudian pada tanggal 19 September 2020 digelar kegiatan Seminar Kesehatan dengan menghadirkan beberapa alumni yang saat ini bekerja sebagai tenaga kesehatan di beberapa fasilitas kesehatan baik di Kabupaten Kubu Raya maupun di Kota Pontianak. Salah satu kegiatannya adalah pemeriksaan gratis yang diikuti oleh para santri dan masyarakat.

Sebagai acara puncak dari rentetan kegiatan tersebut dilaksanakan acara Panggung Gembira yang dilaksanakan dari tanggal 09 s.sd 11 Oktober 2020. Ada 2 acara inti dari kegiatan ini. Pertama acara Sholawat Akbar yang digelar pada Sabtu malam (10/10) dengan menghadirkan Habib Fahmi Bin Harun Al-Muthohar beserta Majlis Miftahussyafaah Ashofa. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat Kubu Raya dan sekitarnya. Keseeokan paginya digelar sesi foto bersama seluruh siswa akhir MTs dan MA Raudhatul Ulum Meranti beserta seluruh dewan guru. Kemudian acara dirangkai dengan Istighosah Akbar.

Pada malam harinya dilanjutkan dengan acara puncak  Panggung Gembira yang diisi dengan penampilan bakat siswa. Diantaranya Grand Opening, MC 4 Bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin, Paduan Suara, Pantomim, Puisi Kolosal, Atraksi Pencak Silat Pagar Nusa, Atraksi Paskibra, Atraksi Kembang Api, Drama, Seni Tari dan sederet atraksi lainnya. . (slm.mankr)