Kemenag@Kalbar. Pada Sabtu Siang, 11/4/2020, Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si kembali mengundang seluruh panitia posko siaga Covid-19 di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar untuk menindaklanjuti hasil Rapat Virtual Wakil Menteri Agama RI terkait progres peningkatan layanan dampak Pandemi Covid-19.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemeng Kalbar yang menyatakan bahwa program kegiatan posko siaga Covid-19 saat ini mengacu kepada hasil Rapat Pimpinan melalui media Online Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran covid-19 dilingkungan Kementerian Agama yang digelar pada Sabtu pagi (11/4) bersama Wakil Menteri Agama RI Drs H Zainut Tauhid Sa’adi.

Selain itu Ridwansyah menegaskan agar seluruh Tim Siaga Covid-19 Kanwil Kemenag Kalbar terus membangun koordinasi dengan Posko Siaga Covid-19 Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat, terutama dalam penyusunan laporan yang di minta oleh gugus tugas pencegahan penyebaran covid-19 Kementerian Agama RI.

“Pastikan semua data dan laporan yang diminta oleh Gugus Tugas Covid-19 Kemenag RI tersampaikan, termasuklah Data ASN dan Tenaga Honorer Kemenag yang terdampak Covid-19” tegas Ridwansyah.

Selain itu Ridwansyah juga berharap agar program pencegahan yang telah dilakukan oleh posko siaga Covid-19 di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti File Foto dan Video saat berada di lapangan.

Sementara itu Drs. Tukiman M.Si selaku Ketua Posko Siaga Kanwil Kemenag Kalbar menuturkan bahwa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya adalah membangun kerjasama dengan Posko Siaga Covid-19 di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

“Alhamdulillah semua program yang kita lakukan sudah terdokumentasikan dengan baik dan telah terpublis melalui media oneline seperti Website, Facebook, Youtube, twitter, Group WhatsApp di seluruh Satker di Kalimantan Barat” jelas Tukiman.

Selain itu Posko Siaga Covid-19 Kanwil Kemenag Kalbar juga telah membentuk Posko peduli dampak Covid-19 yang bekerjasama dengan Baznas dan Penyuluh Agama Islam diseluruh Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat, serta membuka layanan Posko Rumah Sehat yang berada di tempat Strategis di Kalimabtan Barat.

Terkait Amaliyah Ramadhan, Ridwansyah berharap agar Posko Siaga Covid-19 mensosialisasikan kepada masyarakat, baik melalui Spanduk, Baliho, Famplet Standing Banner ataupun dalam bentuk Surat Edaran sebagai informasi yang harus sampai kepada masyarakat, khususnya di Wilayah Kalimantan Barat.

Lebih lanjut Ridwansyah bereharap selain ucapan Marhaban Ya Ramadhan dan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, dimasa pandemi darurat Covid-19 harus tersampaikan pula himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi aturan Pemerintah dan Taushiyah MUI Prov, Kalbar terkait Amaliyah Ramadhan seperti Shalat Tarawih, Tadarus Al-qur’an, Makan Sahur dan buka puasa  dilaksanakan di rumah bersama keluarga Inti. (Ir)