Publikasi sudah menjadi sebuah kebutuhan ujar oleh Pgs Kapuspinmas, Achmad Gunaryo pada acara penyusunan bahan publikasi tahun 2014 bertempat di hotel Arya Dhuta Makasar 26 sd 28 November 2014 . Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama se- Indonesia. Publikasi adalah sebuah bentuk self display ujar Gunaryo. Merk sebuah produk sesungguhnya merupakan misi dari sebuah perusahaan . Kesuksesan produk di sebuah perusahaan amat di tentukan oleh intensitas dan kesuksesan komunikasi yang di bangun antara produsen dengan konsumen melalui iklan yang Disampaikan. Beliau kemudian mengumpamakan, Bagaimana suksesnya sebuah produk yang di iklankan membuat si pemakai dan pengguna memiki kebanggaan dan identitas diri. Karena itu, Kemenag harus membuat realitas melalui image yang dibangun, ucapnya.

Lebih lanjut gunaryo mengatakan bahwa Publikasi adalah satu bentuk tanggung jawab kepada masyarakat. Karenanya data yang akan disusun harus bisa kita pertanggung jawabkan kepada masyarakat. Ingat bahwa kita sedang menghadapi reformasi birokrasi, sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada masyarakat. Karena kegiatan yang dilaksanakan dari pajak masyarakat yang harus kita pertanggung jawabkan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Ketika masyarakat merespon kementerian agama baik melaui surat elektronik maupun yang lainnya menunjukkan bahwa keberadaan kementerian agama di perhatikan oleh masyarakat, paparnya.

Gunaryo kemudian berpesan agar seluruh pegawai di kementerian agama mesti menggali potensi diri dan mengaktualisasi diri di tengah tengah masyarakat dan mempablis kemampuan profesional yang di miliki sehingga masyarakat mengetahui bahwa pegawai kementerian agama memiliki beragam skiil yang handal.Jika hal ini dilakukan maka masyarakat akan semakin mempercayai dan membutuhkan kementerian agama, dengan demikian kementerian agama keberadaannnya amat di nanti dan di tunggu tunggu oleh masyarakat.

Materi ini disampaikan dari pukul 20.00 sd 22.00 wit yang berisi dengan dialog yang di ikuti oleh seluruh peserta kegiatan penyusunan bahan publikasi tahun 2014. Kegiatan ini mengangkat tema : memantapkan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan transparan.( humas-kalbar)