Sukadana, Kamis 03 September 2015 di adakan Rakor Bos Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara Tahun 2015.

Kegiatan rakor tersebut diadakan dengan tujuan :

1. Terciptanya sinkronisasi dan sinergisitas program Seksi Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara dengan Kepala Madrasah dan tenaga pendidik Madrasah se-Kabupaten Kayong Utara

2. Terlaksananya konsultasi dan koordinasi pelaksanaan pencairan dana BOS serta penggunaannya untuk Madrasah se-Kabupaten Kayong Utara

3. Validasi data BOS semester I Tahun Pelajaran 2015/2016

4. Merumuskan alternatif-alternatif baru dalam mensukseskan program seksi Pendidikan Islam dan menjaring data pelaksanaan kegiatan.

5. Menertibkan administrasi BOS Madrasah se-Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan Rakor BOS ini dihadiri seluruh Kepala Madrasah dan Bendahara Madrasah se-Kabupaten Kayong Utara yang berjumlah 30 orang, kegiatan ini dilaksanakan dari pagi dan berakhir hingga nanti sore hari.

Dalam pengarahannya Kepala Kantor Kementerian Agama mengharapkan kegiatan rakor ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengevaluasi program-program yang dulu terutama program BOS dan perumusan program yang akan datang, tentunya mengarah pada hal-hal yang lebih baik.

Berkenaan dengan BOS memang ada keterlambatan dalam pencairan, karena ada regulasi baru yang mengharuskan Kepala Madrasah membuat laporan terlebih dahulu sebelum pencairan Dana BOS. Dalam pembuatan laporan ini saya sangat mengharapkan agar dibuat dengan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya kita juga patut bersyukur walau dengan keterbatasan kita hari ini, namun Madrasah di Kabupaten Kayong Utara sudah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang lainnya, dari segi perolehan nilai Ujian Nasional Kalimantan Barat yang dicapai MI, MTs, dan MA yang lalu prosentasenya kelulusannya lebih baik, dan dari segi kelembagaan Madrasah kita yakni MIN Sukadana mampu meraih Predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dan akan mengikuti penilaian sekolah adiwiyata Tingkat Nasional, oleh karenanya saya mendorong agar berbagai prestasi yang telah diperoleh oleh madrasah agar dipertahankan bila perlu ditingkatkan.

( Sudirmansyah / Sekretaris PPID Kayong Utara ).