Sintang,  Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama Kabupaten Sintang mengadakan Rapat Koordinasi Pelaporan BOS Tahun 2018 dan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nsional / UAMBN TP 2018/2019 dengan seluruh Kepala Madrasah dan Bendahara Pengelola Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) dibawah lingkungan Kementerian Agama yang ada di Kabupaten Sintang guna meningkatkan layanan manajemen pendidikan islam yang integritas dan profesionalitas untuk mewujudkan Madrasah yang hebat dan bermartabat tahun 2018. Acara Rakor tersebut diadakan di Aula Madrasah Aliyah Negeri 1 Sintang pada Rabu, 28  Desember  2018, yang dibuka langsung Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Nurhadi, S. HI yang didampingi oleh Kepala seksi Pendidikan Madrasah Hj. Munawaro, S. Ag.

Dalam Sambutannya Plh. Kepala Kantor Kementerian Kab. Sintang H. Nurhadi, S. HI ,mengajak semua Pengelola Dana BOS Madrasah yang ada di lingkup Kemenag Sintang berkomitmen untuk selalu menjaga prinsip akuntabilitas, profesionalisme dan keterbukaan dalam manajemen, administrasi, dan pengelolaan dana BOS,

Nurhadi juga menyampaikan bahwa kompetensi pengelola dana BOS di lingkungan Kemenag dalam era teknologi informasi dan keterbukaan perlu dikembangkan dan ditingkatkan terus. Misalnya kemampuan dalam penguasaan IT, aplikasi pelaporan dan administrasi pengelolaan dana BOS.

Oleh karena itu,dalam Rakor BOS ini harus dilakukan evaluasi terhadap kinerja pengelolaan dana BOS yang telah dilakukan dan kemudian disusun program kerja dalam pengelolaan dana BOS. Tentu ada komitmen yang harus disepakati dalam rapat koordinasi ini, misalnya pelaporan harus tepat waktu, dll.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang Hj. Munawaro, S. Ag menjelaskan perlu adanya persiapan yang matang dalam menjalankan mekanisme dari UAMBN, selain itu adaya aturan dalam melaksanakan kegiatan terutama NRG, Pencairan dana BOS dal lainnya. Kasi Penmad Kemenag Sintang yang notabene menaungi seluruh Madrasah diwilayah Kabupaten Sintang  mengharapkan peran serta seluruh Kepala Madrasah untuk mensukseskan pelaksanaan UAMBN da UN tahun 2018 ini, sementaran UN Th 2018/2019 seluruh MTs dan MA se-Kabupaten Sintang 100% melaksanakan UNBK.  (Akil, Sintang)