SINGKAWANG, Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengadakan Rapat Koordinasi dan Penyusunan Program Pondok Pesantren di Aula Taman Sari Jalan Ahmad Yani Gg. Telaga Biru hari Selasa ( 26/04 ) pada jam 08.00 WIB.

Kegiatan ini di hadiri Kepala Kantor Kemanag Kota Singkawang Drs. H.Jawani, Kepala Seksi Pendidikan Islam Drs. H. Arnadi,M. Pd, Penyelenggara Haji dan Umroh Drs. Marhola beserta pimpinan Pondok Pesantren Se Kota Singkawang .

Kegiatan ini dibuka secara resmi Kan Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Jawani dalam sambutannya mengatakan Pondok Pesantren termasuk pendidikan Islam yang paling awal dan masih bertahan sampai sekarang, Pondok Pesantren telah sangat berjasa dalam mencetak kader- kader ulama, dan kemudian berperan aktif dalam penyebaran agama Islam dan transfer ilmu pengetahuan Ujarnya.

Karena keunikan ini maka Pondok Pesantren hadir dalam berbagai situasi dan kondisi dan hampir dapat dipastikan bahwa lembaga ini, meskipun dalam keadaan yang sangat sederhana dan karekteristik yang beragam, tidak pernah mati. Demikian pula semua komponen yang ada didalamnya seperti Kyai atau Ustad serta para santri kata Jawani.

Sebelum sambutan kepala Kantor terlebih dahulu panitia penyelenggara Drs. H. Arnadi, M.Pd mengatakan Kegiatan ini diadakan untuk membuat kurikulum Pondok Pesantren, agar Pontren di Kota Singkawang memiliki kurikulum pondok yang disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh masing-masing Pondok Pesantren, dan membentuk Forum Pondok Pesantren Kota Singkawang supaya memperkuat keberadaan Pondok Pesantren di Kota Singkawang secara kualitas dan kuantitas, maka dibentuk suatu forum yang dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama antar Pondok Pesantren dan Pondok Pesantren dengan pihak lain termasuk Pemerintah Daerah kata Arnadi .

Di Kementerian Agama Kota Singkawang mempunyai sembilan Pondok Pesantren yaitu Pontren Ushuluddin, Pontren Yasti, Pontren Hidayaturruhama, Pontren Makarim El- Akhlak, Pontren Al- Fatah, Pontren Nurusshibyan, Pontren Ibnu Taimiyah, Pontren Ash-Shomadiyah dan Pontren Asy-Syafiiyah, jumlah Ustadz/ Ustazah yaitu 273 dan jumlah santri yaitu 2946.

Rapat koordinasi dan penyusunan program Pondok Pesantren juga dilaksanakan untuk ; 1. Membuat Kurikulum Pondok Pesantren. 2. Membuat Raport Pondok Pesantren 3. Membentuk Forum Pondok Pesantren Kota Singkawang 4. Persiapan untuk memeriahkan hari Santri Nasional, Tgl 22 Oktober 2016 dalamkegiatan ini yang Inyallah akan dilaksanakandi Pemkot Kota Singkawang .( indriati SKW ).