SINGKAWANG. Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Selasa (14/2).

Peserta rakor ini adalah pengawas sekolah Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dan guru PAI yang termasuk dalam tim penyusun soal PAI Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), terdiri dari 12 orang guru PAI yang terdiri dari 4 orang guru PAI sesuai jenjang pendidikan yaitu SD,SMP dan SMA/SMK dengan masing-masing 2 orang penyusun soal berdasarkan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006.

Dalam arahannya Kasi Pendidikan Islam Dr. H. Arnadi, M.Pd menyampaikan penyusunan soal berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UASBN tahun 2017 dengan setiap jenjang pendidikan membuat 2 model paket soal PAI untuk masing-masing kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum 2006. Hal ini dikarenakan penggunaan kurikulum yang berbeda di beberapa sekolah. Arnadi juga menyampaikan kisi-kisi soal yang akan disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan lingkup materi dengan memuat level kognitif pada kurikulum yang digunakan.

Adapun soal yang telah dibuat nantinya akan dikirim ke tim penyusun soal UASBN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.(Jk/hms)