SINGKAWANG. Sembilan orang guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang yang termasuk kedalam Kelompok Kerja Guru (KKG) PAK SMP Kota Singkawang berkumpul di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada Rabu (22/2). Tujuan berkumpulnya guru PAK ini adalah untuk menyusun draf soal PAK untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)tingkat SMP tahun pelajaran 2016/2017.

Kegiatan yang difasilitasi oleh penyuluh fungsional Kristen ini dibuka secara langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Azhari, S.Ag, M.Si. Dalam sambutannya Kasubbag TU menyampaikan penyusunan draf soal ini berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UASBN tahun 2017 dengan kisi-kisi soal yang akan disusun harus berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan lingkup materi dengan memuat level kognitif pada kurikulum yang digunakan dan berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar sehingga penyusunan draf dapat segera diselesaikan.

Sementara itu, penyuluh fungsional Kristen Matheos Mau, S.Th selaku fasilitator menyatakan peserta KKG PAK SMP ini terdiri dari utusan beberapa SMP di Kota Singkawang yaitu SMPN 2, SMPN 3, SMPN 5, SMPN 7, SMPN 10, SMPN 11, SMP Torsina I dan Torsina II Singkawang. Ia juga menyatakan penyusunan draf soal PAK dibuat dengan 2 model paket soal untuk masing-masing kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum 2006. Selanjutnya Matheos juga menyampaikan draf soal yang telah dibuat nantinya akan dikirim ke tim penyusun soal UASBN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.(Jk/hms)