(SINGKAWANG) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada bulan suci Ramadhan 1437 H/ 2016 M mengadakan berbagai kegiatan, antara lain: Safari Ramadhan bersama Pemerintah Kota Singkawang, Safari Ormas Islam, Safari khusus jadwal pribadi personil Kementerian Agama termasuk para pejabat yang diberi jadwal oleh pengurus masjid/ surau se-Kota Singkawang. Hal ini dilakukan oleh Kepala Kantor, Kasubbag TU, Kasi Pendis, Kasi Bimas Islam dan Penyelenggara Haji dan Umroh serta para Ka. KUA kecamatan.

H. Azhari selaku Kasubbag TU, ketika dihubungi saat memberikan tausiyah Ramadhan pada masjid/ surau termasuk ketika di Masjid Raya Singkawang menjelaskan bahwa Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Sanad hadits yang diterima dari Abu Hurairah RA, telah bersabda Rasulullah Saw. : Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan ridho Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. (Riwayat Ahmad dan Ash-habus Sunan).

Kemudian siapa saja yang akan mendapat ampunan dan pahala yang agung tersebut? Mari kita buka penjelasannya dalam Al-Quran Surah Al-Ahzab (Golongan bersekutu) pada ayat 35 bahwa disinyalir ada 10 (sepuluh) macam orang yang mendapat ampunan Allah SWT yaitu : Sesungguhnya (1) Muslim laki-laki dan perempuan; (2) Mukmin laki-laki dan perempuan; (3) Ketaatan dalam ibadah laki-laki dan perempuan; (4) Orang laki-laki dan perempuan yang jujur ; (5) Orang laki-laki dan perempuan yang sabar.

Lanjutan ayat tersebut yaitu yang ke (6) Orang laki-laki dan perempuan yang khusyu ; (7) Orang laki-laki dan perempuan yang bersedekah; (8) Orang laki-laki dan perempuan yang berpuasa ; (9) Orang laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatan; dan (10) Orang laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir kepada Allah, akan disiapkan ampunan dan pahala yang besar.

Mudah-mudahan bulan puasa Ramadhan tahun ini menjadikan kita semua sebagai manusia yang bertakwa, dosa yang diampuni dan saat hari raya Idul Fitri, kembali suci bagaikan bayi yang terlahir dalam keadaan fitrah. Aamiin Yaa Rabbal aalamiin. (Mujidah, 16/6/16)