Singkawang. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan rapat evaluasi Standar Operasional Pelayanan (SOP), Senin (31/05). Rapat yang dilaksanakan di OP Room tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Kankemenag Kota Singkawang, H. Azhari, S.Ag, M.Si yang didampingi unsur pimpinan dan pegawai yang terlibat dalam tim pengembangan SOP.

Menurut Azhari, evaluasi SOP pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dilaksanakan atas pertimbangan peningkatan kualitas pelayanan, yakni: perubahan lingkungan operasional, kebijakan pemerintah, dan kebutuhan internal satuan kerja. “Ketiga komponen kualitas pelayanan tersebut dapat diperimbangkan per komponen atau pada kebutuhan tertentu dipertimbangkan secara komprehensif.” ujarnya.

Adapun menurut Aliyansah selaku pemimpin rapat menyampaikan bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada periode tertentu atau ketika adanya kebutuhan insidental sesuai dengan alternatif peningkatan kualitas pelayanan, melaksanakan pengembangan SOP berupa penambahan SOP baru atau merevisi SOP yang sudah ada. “Hal ini dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Penyusunan dan pengembangan SOP pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dilaksanakan oleh Tim Pengembangan SOP. Hal ini dilakukan atas pertimbangan efektivitas dalam membuat dokomen SOP, sehingga dokumen SOP pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang berupa dokumen SOP pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang,” terang Aliyansah.

Evaluasi SOP pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menghasilkan revisi SOP dan SOP baru yang dijadikan dokumen SOP Indikator Kinerja Utama. Dokumen SOP Indikator Kinerja Utama akan menjadi dasar dalam penyusunan atau penyempurnaan SOP Administrasi Pemerintah yang digunakan di tiap seksi dan penyelenggara.(DH/skw)