Dalam rangka Idul Adha 1441 H/2020 M, bertempat di ruang Media Center Polres Sekadau, Selasa (28/7) pukul 14.00 WIB dilaksanakan rapat membahas persiapan pelaksanaan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban. Pertemuan dihadiri Asisten I Pemda Sekadau, Kapolres, Ka.Kemenag Sekadau diwakili Kasi Bimas Islam Bukhari,S.Sos.I, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Ketua PHBI dan Ormas Islam di Kabupaten Sekadau.

Bukhari,S.Sos.I menuturkan Pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441 H/2020 M pada masa Tatanan Kenormalan Baru (New Normal) tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu untuk pencegahan penularan dan penyebaran covid-l9 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan shalat Idul Adha dibolehkan untuk dilakukan di lapangan, Masjid. ruangan dengan syarat melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan. Menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun, hand sanitize. Menerapkan pembatasan jarak Shalat dengan memberikan tanda khusus minimal jarak 1 meter

Penerapan protokol kesehatan ini diharapkan pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung aman sesuai tuntunan agama Islam. Penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat dimulai dari proses penyembelihan, pengulitan, pencacahan daging, dan pendistribusian daging hewan kurban. “Langkah-langkah aplikatif dan et'ektif untuk mencegah dan mengendalikan potensi penularan covid-19 di tempat penyembelihan hewan kurban,”Kata Bukhari. (Andre)