SINGKAWANG.Dalam rangka persiapan pelaksanaan seleksi Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Tahun 2017 M, Plt. Kasi Pendis Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang H. Azhari, M.Si melaksanakan rapat persiapan seleksi Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Tahun 2017 M, Selasa (9/5) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB ini dihadiri oleh utusan dari seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kota Singkawang. Dalam sambutannya Azhari menyampaikan bahwa MQK merupakan pemicu untuk menggali dan mengkaji khazanah Islam yang terkandung dalam kitab kuning. Ia juga mengatakan tujuan pelaksanaan seleksi MQK ini selain untuk meningkatkan kemampuan santri dalam memahami dan mendalami ilmu-ilmu agama Islam dan sumber kitab-kitab berbahasa Arab, juga untuk menjalin silaturahmi antar Pondok Pesantren yang ada di Kota Singkawang.  

Selanjutnya, pada kegiatan ini juga dibahas tentang tentang lokasi seleksi yaitu di Pondok Pesantren Tarbiyah dengan cabang lomba yaitu: Marhalah Ula: 1) Fiqh : Safinah An-Naja, 2) Nahwu: Al Jurumiyah, 3) Akhlaq: Washaya al-Aba li al-Abna, 4) Tauhid: Aqidah al-Awam Marhalah Wustha: 1)Tafsir: Tafsir Jalalain, 2)Fiqh: Fathul Qarib 3)Hadits: Syarh al-Arbain an-Nawawiyah, 4)Nahwu: Imriti, 5)Akhlaq: Ta’lim al-Muta’allim dan Marhalah Ulya: 1)Nahwu: Ibn ‘Aqil, 2)Fiqh: Fath al-Mu’in, 3)Akhlaq: Ihya’ Ulum ad-Din. Adapun pelaksanaan lomba dijadwalkan pada tanggal 17 Mei 2017.(Jk/hms)