Pencairan dana untuk Program Indonesia Pintar (PIP) tahap pertama tahun 2020 bagi siswa MAN 2 Ketapang berjalan dengan baik. Pada tahap pertama ini, terdapat 10 siswa MAN 2 Ketapang yang terdiri dari 4 putra dan 6 putri dari kelas XII yang masih mendapatkan dana bantuan dari PIP yang telah diprogramkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dengan nomor SK 1682 Tahun 2020.

Perasaan senang dan bahagia diungkapkan oleh semua siswa yang mendapatkan program PIP tersebut yang masing-masingnya mendapatkan sejumlah Rp.500.000. mereka tidak menyangka masih mendapatkan uang bantuan tersebut, karena status mereka yang tidak berapa lama lagi akan selesai di MAN 2 Ketapang.“alhamdulillah, uang ini akan saya gunakan untuk membantu mengurangi biaya untuk masuk keperguruan tinggi nanti” demikian yang dikatakan oleh Topyx Noor Hidayat salah satu siswa penerima program PIP tahap pertama untuk tahun 2020 ini.

Hal senada juga dikatakan oleh siswi yang lain yaitu Supianti yang juga bersyukur masih mendapatkan bantuan ini dan berharap dengan bantuan sejumlah uang tersebut dapat meringankan biaya apabila ia masuk keperguruan tinggi nantinya.

Selaku kepala MAN 2 Ketapang, Chaidir, S.Pd.I,M.Pd yang juga mendapat kuasa langsung dari semua siswa untuk mencairkan uang PIP dari Bank BNI Ketapang menyambut positif adanya pencairan dana dari program bantuan melalui PIP untuk kesepuluh siswa kelas XII MAN 2 Ketapang apalagi pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, karena walaupun jumlah penerima hanya 10 namun sejumlah uang itu dapat membantu kebutuhan yang berkaitan dengan pendidikan dari kesepuluh siswa yang memang sangat layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.