Pontianak_Inmas. Meluruskan niat untuk melayani tamu Allah merupakan komitmen yang harus tertanam dalam diri setiap calon petugas yang mendampingi jamaah Haji. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Ditjen PHU Kemenag RI Ramadhan Harisman saat menyampaikan arahan kepada Perserta Seleksi Calon Petugas Haji Indonesia Tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1440 H/2019 M, Selasa, (5/3/2019).

Kepada 35 peserta Calon Petugas Haji tersebut Ramadhan Harisman juga menegaskan bahwa yang lebih penting dan harus diperhatikan oleh para calon petugas haji adalah kemauan untuk bekerja dan melayani Jamaah Haji.

“Rekrutmen petugas haji tidak hanya dibutuhkan orang pintar, akan tetapi dibutuhkan orang-orang yang mau bekerja. Saya berharap semuanya siap untuk melayani,” jelas Harisman.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa kesiapan utuk melayani tamu Allah harus muncul dari hati nurani, karena hal itu akan lebih mudah untuk bergerak dan melayani Jamaah Haji.

“Oleh karena itu, mulai sekarang luruskan niat, untuk melaksanakan tugas mulia dan amanah dari Allah SWT dalam melayani tamu-tamu Allah selama melaksanakan Ibadah Haji di Baitullah,” katanya.

Harisman juga berharap agar para petugas yang diberikan kesempatan untuk melayani Jamaah Haji agar bekerja secara maksimal karena kesempatan yang ada harus dimaksmalkan dan mudahmudahan semua yang kita lakukan akan menjadi amal shaleh.

Pada tahun ini Seleksi Calon Petugas Haji Indonesia Tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1440 H/2019 M menggunakan sistem Tes CAT (Computer Assisted Test) yang menggunakan Hanphone Android.

Pada sesi pertama ini peserta disediakan waktu untuk menjawab soal selama 90 menit selebihnya masing-masing peserta tes akan mengikuti tes wawancara sebagai pendalaman materi yang dilaksanakan di Aula 2 Kanwil kemenag Prov. Kalbar.

Pelaksanaan Seleksi Calon Petugas Haji Indonesia Tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1440 H/2019 M dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si.

Pada kesempatan tersebut Ridwansyah menjelaskan bahwa Seleksi Calon Petugas Haji Indonesia Tingkat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1440 H/2019 sangat penting dilakukan sebagai proses penyelenggaraan Ibadah haji sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyeleksi para petugas yang menyertai Jamaah Haji (TPHI/TPIHI) dan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang memiliki kompetensi, Pengetahuan dan kemampuan yang baik sehingga jamaah terlayani dengan baik,” katanya. (Ir-One)