Kemenag@Kalbar. Pada Rabu (15/07) pagi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. Ridwansyah, M.Si memantau pelaksanaan Pelatihan Aplikasi SAKTI Web Modul Penganggaran Penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2021, di Aula Kanwil Kemenag Kalbar.

Ridwansyah menuturkan bahwa sesuai Surat Kepala Kanwil DJPb Prov. Kalimantan Barat tanggal 14 Juli 2020, kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari proses penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2021 yang dilakukan secara bottom-up.

“Penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2021 dilakukan secara bottom-up maksudnya menggunakan teori yang mengajukan gagasan bahwa proses pengenalan suatu objek diawali dengan indentifikasi terhadap bagian-bagain spesifik dari suatu objek yang kita amati. Sehingga menjadi landasan dalam penyusunan anggaran secara kesuluruhan” katanya.

Ridwansyah menambahkan, dimasa New Normal Covid-19 hampir semua kegiatan yang sifatnya melibatkan banyak orang harus dikurangi, oleh karena itu Ridwansyah mengapresiasi Kanwil DJPb Prov. Kalimantan Barat yang telah menggelar kegiatan Pelatihan Aplikasi SAKTI Web Modul Penganggaran melalui video conference (Zoom)  dalam rangka Penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2021.

Selain itu Ridwansyah berharap agar operator SAKTI atau ASN yang ditugaskan untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini mampu menguasai dan memahami Aplikasi SAKTI Web Modul Penganggaran dalam rangka Penyusunan RKA-K/L Tahun Anggaran 2021.

Selain diikuti oleh seluruh operator SAKTI dan Penyusun Anggaran pada Bidang dan Pembimas dilingkungan Kanwil Kemenag Kalbar, turut hadir mengikuti kegiatan tersebut Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi pada Bagian Tata Usaha Wahyu Setiabudi, SE. MM, guna memantau pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut. (Ir).