Sambas, Jum’at (15/10/2021) Kepala KUA Kec. Sambas bersama PD. BAZNAS Sambas, Sekcam Sambas, UPZ Kec. Sambas Penyuluh Agama Islam Fungsional dan non PNS lakukan Safari Jum’at dan Pendistribusian ZIS di Masjid Al-Muhsinin Dusun Tangga Emas Desa Saing Rambi Kec. Sambas.
 
Dalam khutbahnya diungkapkan perbedaan antara zakat, infak dan sedekah yang kedua adalah waktu pembayarannya. Kita dapat berinfaq dan bersedekah kapan saja ketika memiliki kemampuan membayarnya. Sedangkan waktu pembayaran zakat hanya boleh dilakukan pada masa-masa tertentu saja. Zakat fitrah wajib dibayarkan selama bulan Ramadhan, lalu zakat maal dibayarkan ketika telah mencapai nisabnya dan dimiliki penuh selama setahun jelas Kepala KUA Kec. Sambas Ahadi, S.Sos, ditambahkan Zakat, infak dan sedekah merupakan amal ibadah yang memiliki peran penting dalam kesejahteraan umat, menjalin persaudaraan dan mewujudkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan beramal, khususnya amal zakat, kita juga dapat membersihkan harta kita sehingga kekayaan yang kita miliki menjadi harta yang barokah. Mari berzakat, infaq dan sedekah sesuai anjuran agama Islam. 

Selesai Shalat Jum’at dilakukan dialog bersama warga dimulai Kepala KUA Kec. Sambas menegaskan supaya umat menunaikan ibadah ZIS sesuai tuntunan ajaran Agama, dilanjutkan Ketua PD. BAZNAS Ir. H. Ilhamsyah mengajak warga untuk menyalukan ZIS melalui UPZ yang telah dibentuk dan di SK-an ungkapnya, kemudian Sekretaris Camat Sambas menambahkan sebagai warga yang taat terhadap perintah agama senantiasa menunaikan apa yang diperintahkan serta meninggalkan apa saja yang dilarang, kemudian kependudukan perlu kita perhatikan bersama agar kita terdata dengan baik. 

Disalurkan paket sembako kepada 20 orang dhu’afa diakhir acara wujud dari kepadulian para muzakki kepada mustahiq. (AHD)