SINGKAWANG, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada Bulan suci Ramadhan 1437 H / 2016 M berbagai kegiatan dilakukan yaitu Safari Ramadhan bersama Pemerintah Kota Singkawang. Kegiatan tersebut dibagi kepada 5 (lima) kecamatan dan lima kelompok, setiap kecamatan mendapat kunjungan 2 (dua) buah masjid/surau. Kelompok terdiri dari Ketua dan wakil rombongan, Imam dan penceramah/tausiyah serta 10 (sepuluh) anggota Tim Safari Ramadhan 1437 H/ Juni-Juli 2016 M.

Ketika dihubungi di sela-sela buka puasa bersama di Balai rumsari Kantor Walikota Pemkot Singakawang, H. Jawani mengatakan Tim safari ini berdasarkan surat tugas walikota Nomor 800.5/ 523 / KESRA-A tertanggal 13 Juni 2016. Tujuan Safari Ramadhan untuk silaturahim dengan mengunjungi masjid/Surau yang berada di kecamatan dan menyampaikan pesan-pesan agama atau informasi pembangunan dan sektor lainnya kepada jamaah masjid atau masyarakat yang dikunjungi. Kita bersama Pemkot memberikan bantuan masjid dan dari dinas instansi kepada masyarakat yang telah ditunjuk di lima kecamatan Kota Singkawang.

Harapan Safari ini setiap tahunnya semakin meningkat dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat terutama masyarakat yang mendapat bantuan dan jamaah masjid/surau yang dikunjungi pejabat Pemkot dan Kemenag serta Ormas Islam se-Kota Singkawang. Materi atau ceramah dari pesan moral dan pembngunan yang disampaikan berkenaan dengan ibadah puasa, antisipasi sembako meroket, penyakit masyarakat seperti anak-anak ngelem dan informasi ekonomi pertanian dan infrastuktur kota Singkawang.

Adapun masjid/surau yang dikunjungi yaitu (1) Nurul Iman Perumnas Roban; (2) Al-Ikhlas Setapuk Besar; (3) Al-Falah senggang Mayasopa; (4) Al-Muhajirin Pramuka Sekip lama; (5) Al-Anshoriyah Parinto baru; (6) Nurul Muallafiyah Sanggau Kulor; (7) Nurul Ihsan Trans SP 1 Pangmilang; (8) Sirojul Mukminin Setapuk Kecil; (9) Al-Muhajirin Perumnas Bumi Singka Permai Sei Bulan; dan (10) Baiturrahman Brigif 19 KH Bukit Batu Singkawang, demikian ungkap Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang. *** (ARI/TU, 15/6/16)