Sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, bahwa pada Hari Jum`at Tanggal 24 Juni 2016 yang bertepatan dengan 19 Ramadhan 1437 H dilaksanakan Safari Ramnadhan di Kota Singkawang. Dalam Safari Ramadhan kali ini Gubernur Kalimantan Barat, Drs.Cornelis,MH berkenan hadir bersama beberapa pejabat SKPD terkait.

Bertempat di Balairung Sari Kantor Walikota Singkawang pelaksanaan acara rutin tahunan kali ini dilakukan. Hadir Walikota Singkawang, Drs.H.Awang Ishak,M.Si, jajaran DPRD Kota Singkawang, Forkopinda dan SKPD di lingkungan bumi Kota Betuah Gayung Bersambut ini meramaikan suasana ramadhan dengan tamu undangan yang hadir. Tampak hadir Kasi Kemitraan Umat dan Publikasi Bidang Penais Zawa, Hj.Ivun Phunna Kalvida,SH,M.Si bersama Hj.Islia,SE dan Aris Sujarwono sebagai utusan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Sedangkan dari Kementerian Agama Kota Singkawang yang hadir adalah Kasi Bimas Islam, Drs.H.Muhlis,M.Pd mewakili Kepala Kemenag yang berhalangan hadir dikarenakan kegiatan serupa ditempat yang lain, serta Kasubbag Tata Usaha, H.Azhari,S.Ag,M.Si yang menjabat dikepengurusan ICMI Kota Singkawang.

Sekitar pukul 16.30 dimulailah rangkaian acara Safari Ramadhan di Kota Singkawang ini, lantunan ayat suci Alqur`an dan dibarengi dengan saritilawah, sembari menunggu kedatangan Gubernur Kalbar di tempat acara, terlebih dahulu diisi tausiah oleh Drs.Matjai Muhyiddin yang memberi pencerahan kepada seluruh yang hadir. Salah satu butir dalam tausiahnya adalah, Allah SWT memberi pahala yang besar bagi umat Islam yang berpuasa, jika ibadah lain disebutkan dari 1 70.000 ganjaran pahalanya, maka puasa tidak disebutkan secara pasti, karena Allah SWT sendiri yang menilainya dan memberi pahalanya.

Hal ini bertujuan untuk memotivasi umat akan besarnya nilai ibadah yang terkandung dalam puasa, selain itu juga menandakan akan begitu mulianya keutamaan puasa, terutama puasa ramadhan, sehingga Allah SWT sendiri yang akan menghitung pahalanya. Kemuliaan yang hanya ditujukan bagi Umat Nabi Besar Muhammad SAW dan tidak dimiliki oleh umat lain sebelum dan sesudahnya.

Pada pukul 17.10 Gubernur Kalbar, Drs.Cornelis,MH datang dan memasuki Balairung Sari Kantor Walikota Singkawang yang didampingi oleh Walikota. Acara dilanjutkan dengan sambutan Walikota Singkawang, yang mana dalam sambutannya, berharap Gubernur memberi kebijakan terhadap percepatan pembangunan di Kota Singkawang, sehingga dapat menjadi Alternatif bilamana terjadi permasalahan di ibukota provinsi nantinya.

Sebelum Gubernur memberikan, terlebih dahulu dilakukan penyerahan berbagai bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar kepada Pemerintah Kota Singkawang secara simbolis yang diterima oleh beberapa perwakilan, termasuk Walikota dan Kantor Kemenag Kota Singkawang. Untuk bantuan kepada Kemenag Kota Singkawang, dari Kanwil berupa 3 ( tiga ) jilid Tafsir Jalalain, 1 ( satu ) unit Wireless dan 1 ( satu ) perangkat alat qasidah yang diterima oleh Drs.H.Muhlis,M.Pd, Kasi Bimas Islam yang mewakili Kepala Kantor Kemenag Singkawang.

Usai penyerahan bantuan, Sambutan Gubernur Kalbar, Drs.Cornelis,MH melanjutkan rangkaian acara. Gubernur berjanji akan membantu percepatan pembangunan di Kota Singkawang ini, berdasarkan penuturan Mantan Bupati Landak 2 ( dua ) periode ini, Singkawang termasuk yang tertinggal jika dibanding dengan Sintang dan Ketapang, sebagai alternatif percepatan itu, akan diusahakan pembangunan bandara transit untuk membantu berbagai hal yang akan terjadi, ujarnya.

Setelah sambutan Gubernur, dilanjutkan dengan doa oleh Drs.Matjai Muhyiddin dan buka puasa bersama. Sholat magrib berjamaah diruang tersebut dan makan malam dilantai bawah. ( AS_Inmas )