Ikhwan Pohan , Kedekatan dan  Kepedulian terhadap Umat

Ketapang 22 Mei 2019.. Kepala Kantor Kementerian Agama Ketapang beserta rombongan lakukan safari Ramadhan 1440 Hijriyah  di  Masjid besar Darul Hikmah Kelurahan Banjar Kecamatan Benua Kayong, Rabu malam 22/2019.                                                                                                                                                          

Safari Ramadhan selain wujud silaturrahmi dan pembinaan  umat Islam  malam itu juga diwarnai penyerahan bantuan secara simbolis 60 Zak semen dan Bantuan uang tunai dari Guru Pendidikan Agama Islam Kab Ketapang.

Bantuan tersebut diterima oleh Ketua Pembangunan Masjid Darul Hikmah Effendi dan H.Darwin Abbas Ketua Masjid setempat

Ikhwan Pohan S.Ag, M.Pd dalam kesempatan Safari Ramadhan malam itu antara lain mengatakan. Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan baik untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT Bentuknya disamping menjalankan perintah  yang wajib juga yang  sunah , seperti shalat wajib juga sunah, seperti Tarawih, sedekah ,infaq maupun zakat  " Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan maghfirah . Oleh karenanya manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya. Sangat disayangkan jika umat muslim tidak memanfaatkannya . Harap Ikhwan Pohan

Selanjutnya dikatakan , Bantuan yang diberikan jangan dilihat  dari jumlah uang dan barang  yang dibantukan. Tapi itulah bentuk kepedulian yang mendalam dari Kemenag Ketapang dan jajarannya. " Bantuan kami mungkin jauh dari cukup. Melainkan  seadanya saja sesuai kemampuan yang dimiliki. Ini lah bentuk kepedulian kami yang mendalam. Jangan dihlihat besar kecilnya bantuan " Terang Pak Pohan panggilan akrabnya .                                         

Pemberi Tausyiah Safari Ramadhan malam itu Ustadz H.Zulkarnain  Kepala KUA Kecamatan Matan Hilir Selatan.  Membahas tentang  Nuzulul Qur'an. H.Zulkarnain Menjelaskan  Secara umum nya Al-Qur’an di turunkan bukan hanya untuk umat Islam saja  tetapi  untuk  Rahmatan lil alamin , untuk semua manusia, salah satunya Al-Huda , artinya  petunjuk . Al-Qur'an merupakan petunjuk bagi manusia hamba /Allah dan Al-Qur 'an  merupakan pembeda antara yang hak (benar) dan yang batil (salah).

Safari Ramadhan Kali ini Kemenag ketapang Mempunyai agenda penyalurkan bantuan di empat titik lokasi, di hari yang berbeda. Senin, 20 /05/ 2019 di  Masjid Nurul Hidayah Dusun Sungai Gayam Desa Mekar Utama Kec. Kendawangan. Rabu Malam 22/ 05 Masjid besar Darul Hikmah Kelurahan Banjar Kecamatan Benua Kayong , Kamis Malam 23 /05  Masjid Attaqwa Desa Sungai Pelang Kec. Matan Hilir Selatan , dan yang terakhir kunjungan di Surau Miftahul Jannah Desa Payak Kumang Kec. Delta Pawan 22 /05/ 2019.  (Hen)