Mempawah. Santri Pondok Pesantren Riyadhus Shalihin Mempawah antusias ikuti kegiatan lomba baca kitab kuning pada kamis 22 Oktober 2020.

Kegiatan lomba baca kitab kuning ini diselenggarakan oleh Fatayat Nandlatul Ulama' Kabupaten Mempawah, dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020 dilaksanakan di Pondok Pesantren Riyadhus Shalihin yang beralamat di Sepok Merah Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah.

Menurut Ustadzah Muannis selaku ketua Fatayat NU Kabupaten Mempawah melalui Ustadz Enggar Anggoro mengatakan, bahwa acara ini dilaksanakan mulai 20-23 Oktober 2020. Dengan beberapa kegiatan diantaranya lomba paduan suara dan membaca kitab kuning.

Kegiatan lomba baca kitab kuning itu diikuti oleh sekitar 45 peserta, dengan kitab yang dilombakan adalah kitab Safinatunnajah dan kitan syarah imriti.

Kegiatan ini disambut baik oleh Pimpinan Pondok Pesantren Riyadhus Shalihin Kiayi Matjuri, S.H.I. Ia mengatakan bahwa acara seperti ini bagian dari upaya pemicu semangat santri untuk terus mendalami minat belajar membaca kitab kuning.

"Lomba baca kitab seperti ini sangat bagus jika dilestarikan, ya diantaranya diadakan lomba seperti ini, katena akan menjadikan santri lebih semangat belajar mendalami baca kitabnya" jelas Kiayi Matjuri.

Dirinya juga berterimakasih kepada pengurus Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Mempawah yang telah menempatkan penyelenggaraan lomba baca kitab kuning di Pondok Pesantren yang ia pimpin.

Selain itu tak lupa Kyai Matjuri mendoakan para pengurus Fatayat semoga tetap eksis dan di kegiatan itu semoga menjadi amal kebaikan dalam menjalankan roda organisasinya, pungkasnya. (Salihin_Mpw)