Kemenag@Kalbar. Sebanyak 2.519 Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Kalbar tertunda keberangkatannya tahun ini. Hal ini secepatnya akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat dan Satuan kerja Kemenag Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si Rabu, (2/6/2020).

Ridwansyah menuturkan bahwa tertundanya penyelenggaraan Ibadah Jamaah Haji tahun ini adalah sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M.

“Kepastian Informasi pembatalan ini disampaikan oleh Menteri Agama RI  Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi pada hari selasa, 2 Juni 2020” katanya.

Lebih lanjut Ridwansyah menegaskan bahwa dengan adanya KMA tersebut, maka seluruh Jamaah Calon Haji Indonesia termasuklah Jamaah Calon Haji Kalbar belum bisa diberangkatkan, Keputusan ini ditetapkan sesuai dengan instruksi pemerintah dan kebijakan Kemenag, melihat  kondisi darurat pandemi Covid-19 yang terus berkembang sangat luas.

Ridwansyah berharap agar tertundanya Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M disikapi bijaksana dengan penuh  kesabaran dan  keikhlasan serta tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19, sehingga kesehatan dan keafiatan tetap terjaga. (Ir).