SAMBAS-Melahirkan generasi bangsa yang beriman, bertaqwa dan handal dalam penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi merupakan harapan dari berdirinya Madrasah Aliyan Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Indonesia, yang salah satunya berada di Sambas, Kalimantan Barat. Berdasarkan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2016 2017 pada tanggal 14 Mei 2016 akan dilaksanakan pelaksanaan tes, seleksi PPDB ini dilaksanakan secara nasional.

"Untuk di Kalimantan Barat, tes akan dilaksanakan di dua zona. Zona pertama akan dilaksanakan di Kota Pontianak dan zona kedua di Semparuk Kabupaten Sambas," terang Herion H. Nurjani, S.Pd.I Anggota Panitia PPDB MAN IC Sambas ketika di temui (02/05) di ruang kerjanya di Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas.

Pelaksanaan ujian masuk MAN IC Sambas di zona I akan dilaksanakan di MTs Negeri 2 Pontianak dengan peserta sebanyak 45 siswa, akan dibagi menjadi dua kelas. Sedangkan untuk zona II yang pelaksanaan tesnya bertempat di MTs Negeri Semparuk akan dibagi menjadi tiga kelas dengan peserta tes sebanyak 68 siswa.

Peserta tes zona II merupakan siswa yang berdomisili di Kab. Sambas, Kab. Bengkayang dan Kota Singkawang, adapun peserta tes untuk zona I di luar dari tiga daerah tersebut, demikian Herion menjelaskan lebih lanjut mengenai pembagian zona ujian masuk MAN IC Sambas.

"Sampai saat ini Panitia PPDB telah mempersiapkan tempat tes, administrasi maupun pengawas ujiannya," tegas Pelaksana bagian umum dan kepegawaian Kantor Kemenag Kab. Sambas ini. Dari 113 seluruh peserta tes tersebut, akan memperebutkan 96 siswa alokasi daya tampung MAN IC Sambas tahun 2016.

Materi yang akan diteskan meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), psikotes dan pengetahuan agama dan umum, soal tes akan dibawa oleh tim dari propinsi ke MTs Semparuk. Informasi mengenai pelaksanaan tes masuk telah disampaikan melalui email peserta maupun madrasah yang mengutus peserta. Peserta yang tidak hadir pada saat pelaksanaan tes akan dinyatakan tidak lulus. Untuk pengumuman kelulusan, itu dijadwalkan pada tanggal 14 Juni 2016, Herion menambahkan. (rdn_Sbs).