Meski pandemi Covid-19 mengancam dunia, namun semangat merayakan HAB ke-75 harus tetap menggelora di seantero Nusantara. Demikianpun  ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi tetap dengan penuh semangat menyelenggarakan kegiatan HAB ke -75. Berbagai kegiatan dalam rangka HAB, diantaranya pemberian tanda kasih kepada para pensiunan PNS Kemenag, pemberian bantuan masker dan handzanitizer kepada beberapa rumah ibadat di Kota Nanga Pinoh. Semua kegiatan ini berpuncak pada upacara bendera pada hari Selasa, 05 Januari 2021 yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab Melawi H. Abdulbar, S.Ag,M.Pd.

Upacara Bendera berjalan hikmat. Meski hanya diikuti oleh 49 orang yang terdiri dari 26 peserta upacara, 10 orang petugas upacara, 5  orang pejabat eselon empat, 6  orang yang menerima penghargaan Karya Satya, namun acara berlangsung penuh hikmat. Pada kesempatan itu dengan penuh semangat Kepala Kantor membacakan Sambutan Menteri Agama yang baru tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

“Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan”demikian kutipan sambutan Bapak Menteri Agama yang dibacakan  dengan mantap oleh Bapak Kepala Kantor.