Selasa, 03 September 2019, 10:04 sugengsubraja

Pontianak – MAN 1 Pontianak kembali membuktikan budaya juaranya setelah berhasil meraih juara ketiga dalam Pawai Akbar menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriah pada hari Minggu (1/9). Tujuan utama keikutsertaan MAN 1 Pontianak adalah turut mensyiarkan Islam ke seluruh masyarakat Kota Pontianak. "Meskipun terjadi penurunan predikat dari tahun lalu, tidak masalah karena tujuan utama kami mengikuti pawai ini sebagai bentuk syiar Islam," tutur Marlina, S.Ag. selaku ketua panitia kegiatan Pawai Akbar di MAN 1 Pontianak.

Sejak beberapa hari sebelumnya seluruh peserta didik sangat antusias mempersiapkan diri guna mengikuti kegiatan tersebut untuk turut memeriahkan datangnya tahun baru Islam 1441 Hijriah.

Pada Minggu (1/9), sejak pukul 06.00 WIB, seluruh peserta didik dengan didampingi para guru telah berkumpul di depan Kantor Walikota Pontianak untuk mengikuti pawai akbar. Seperti tahun sebelumnya, madrasah yang terletak di Jalan H. Haruna, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat ini mengerahkan seluruh peserta didik, guru, dan pegawai Tata Usahanya untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sehingga tercatat sebagai peserta dengan jumlah terbanyak.

Dengan busana bernuansa keislaman, mereka tampak bersemangat meniti rute pawai yang dimulai dan berakhir di depan Kantor Walikota Pontianak. Berbagai properti dari hasil kreativitas peserta didik, seperti miniatur Kakbah, miniatur Masjid Jami, replika unta, replika Al Quran, papan-papan bertuliskan pesan moral turut menghiasi barisan. 

Pawai Akbar 1 Muharam 1441 H. ini diikuti oleh 11.600 peserta yang terdiri atas sekolah/madrasah, instansi pemerintah, dan organisasi di Kota Pontianak. Setelah memberi sambutan, Bahasan, Wakil Walikota Pontianak, melepas para peserta. Diawali dengan iringan tiga puluh kendaraan berhias ornamen Islam dari berbagai instansi dan organisasi, kemudian dilanjutkan dengan iringan peserta berjalan kaki yang diselingi tim Drum Band dari beberapa sekolah dan madrasah. Kegiatan diakhiri dengan acara door prize di tengah guyuran hujan. Meskipun begitu, kegiatan pawai berlangsung dengan tertib dan lancar.

Pewarta: Sugeng Subraja

Sumber foto: Erna