SINGKAWANG. Peringatan Hari Ibu Kartini yang jatuh pada 21 April diperingati para karyawati Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dengan menggunakan kebaya sebagai bentuk pengabdian kepada pelopor wanita.

Untuk pegawai wanita pada hari ini menggunakan kebaya ini untuk peringati hari ibu Kartini. Sebenarnya menggunakan kebaya ini bukan dilihat dari bajunya tapi dilihat dari nilai apa yamg sudah diperjuangkan ibu kartini terhadap wanita indonesia. Ini sebagai bentuk penghormatan, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Jawani pada Kamis (21/4)

Pantauan dilapangan hampir seluruh pegawai Kementerian Agama di Kota Singkawang, mulai Kantor Kemenag, KUA, MIN, MTsN dan MAN memakai kebaya dalam menjalankan tugas. Dalam rangka memperingati hari kartini, seharian kita kerja memakai pakaian kebaya. Ini kan menunjukan bahwa perempuan saat ini mampu berjuang dan berusaha. Tidak kalah dari laki-laki, kata salah seorang pegawai seksi Pendidikan Islam Nurdiana.

Para pegawai Kemenag juga menilai bahwa perjuangan yang telah dilakukan ibu Kartini merupakan sesuatu yang patut dihormati dan dicontoh.

Sejumlah instansi lainnya di Kota Singkawang juga mengenakan pakaian kebaya dan seragam adat lainnya memperingati Hari Kartini. (Miftah)