Mempawah. Peringatan Malid Nabi Muhammad SAW memang sudah menjadi tradisi yang sangat di tunggu-tunggu bagi umat Islam terutama bagi kaum nahdliyyin. Hal itu di buktikan dengan antusiasnya ummat muslim dalam memperingati hari kelahiran Nabi yang menjadi penuntun umat.

Setiap tahunnya pasti dilaksanakan baik di masjid, surau, gedung, halaman dan bahkan tradisi ini senantiasa dilaksanakan di rumah-rumah dalam rangka mencari keberkahan bagi tuan rumah itu sendiri.

Hal yang sama juga dilaksanakan oleh masyarakat Sungai Pinyuh pada kamis 22 Oktober 2020, kali ini acara Maulidan dilaksanakan di kediaman Ustadz Yaqin yang beralamat di gang Masjid Kelurahan Sungai Pinyuh.

Acara dikemas seperti biasanya, antara lain Tawassulan, shalawatan dan ditutup dengan do'a. Di kesempatan itu Ustadz Yaqin selaku tuan rumah mengundang salah seorang da'i muda yang ada di Kabupaten Mempawah untuk menyampaikan hikmah maulid Nabi Muhammad SAW.

Beliau adalah Ustadz Aqil, beliau merupakan pengurus Lembaga Da'wah Nahdlatul Ulama Kabupaten Mempawah. Selain itu ia juga merupakan salah satu Dosen di STAI Mempawah dan UNU Kalbar Cabang Mempawah.

Dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan banyak hal terkait peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pada penghujung tasyiahnya ia mengajak agar umat muslim tetap semangat dalam memperingati hari kelahiran nabi yang menjadi penutup para nabi tersebut.

Acara juga di hadiri para kiayi dan tokoh agama lainnya, seperti Ketua Majelis Al-Muqarrabin Ustadz Ainul Yaqin, S.Pd.I, Ustadz Ali Zaimun. M.Pd, Ustadz Maisyuri, dan para tokoh agama lainnya. (Salihin_Mpw)