Untuk mengisi Bulan Ramadan Tahun 1440 Hijriyah, berbagai kegiatan keagamaan digelar oleh sejumlah organisasi Islam di Kota Pontianak. Antara lain Majelis Taklim (MT) Ormas Muslimah Kota Pontianak yang menggelar Tadarus AlQuran. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama sepuluh hari (dimulai dari tanggal 8 – 17 Mei 2019). Targetnya mengkhatamkan 30 Juz AlQuran. Sehingga setiap hari, seluruh jamaah secara bersama-sama akan membaca tiga Juz AlQuran.

Tadarus AlQuran tersebut dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak Jalan Abdurrahman Saleh (BLKI). Kegiatan dimulai sejak hari ketiga  Ramadan 1440 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 8 Mei 2019. Acara tadarusan bersama ini berlangsung dari pukul 08.30 – 11.00 WIB. Rencananya kegiatan tersebut akan ditutup dengan khataman AlQuran pada tanggal 17 Mei 2019 di tempat yang sama. 

Informasi tersebut disampaikan oleh salah satu Penyuluh Fungsional Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak, Syarifah Azizah Lc saat ditemui pada Jumat (10/5/2019). Azizah yang juga adalah pengurus MT. Ormas Muslimah ini menuturkan bahwa kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si pada Rabu, 8 Mei 2019. Dihadiri oleh pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak selaku yayasan pendiri MT. Ormas Muslimah, tokoh agama, tokoh masyarakat sekitar serta ratusan ibu-ibu majelis taklim yang tergabung dalam MT. Ormas Muslimah dan dari masyarakat umum.

Terkait tadarus AlQuran yang dilaksanakan oleh MT. Ormas Muslimah ini, Ketua MT. ormas Muslimah, Dr. Dra. Hj. Yanieta Arbiastutie, Apt, MM, M.Sc  dalam sambutannya antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jamaah yang turut mendukung program tadarus AlQuran ini. Insya Allah tahun ini merupakan tahun ke enam MT. Ormas Muslimah menggelar tadarus AlQuran dan akan mengkhatamkan AlQuran selama Sepuluh Hari. Kegiatan tadarus akan ditutup dengan khataman AlQuran dan acara buka puasa bersama, ujarnya.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum. Kepada siapa saja yang ingin bergabung tadarus bersama MT. Ormas Muslimah, disilahkan langsung datang ke rumah Dinas Wali Kota Pontianak. Inilah yang bisa kami upayakan dalam mengisi dan mencapai keberkahan dan ingin mendapatkan kemuliaan bulan suci Ramadan. Mari kita jadikan Bulan Ramadan 1440 Hijriyah ini untuk meningkatkan ibadah menuju ketentraman diri dan meraih ampunan dari Allah SWT,” ajak istri dari Wali Kota Pontianak ini kepada seluruh yang hadir.*(sumi/ptk)