Sudah beberapa bulan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)  Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)  Al-Haudl Ketapang di MAN 1 Ketapang berlangsung, mulai tanggal 23 Januari 2020 sampai tanggal 8 Juni 2020.

Kemaren pada tanggal 8 Juni 2020 dilaksanakan penyerahan kembali Mahasiswa PPL STAI Al-Haudl oleh Kepala MAN 1 Ketapang kepada pihak Kampus STAI Al-Haudl Ketapang yang diwakili oleh dosen pembimbing Mahasiswa PPL yaitu Bapak Ali Asfar, S. PD.I,  M. Si. Pada acara penyerahan mahasiswa PPL tersebut juga dihadiri oleh guru-guru pamong, para guru MAN 1 Ketapang juga dihadiri oleh mahasiswa PPL STAI Al-Haudl. 

Dalam sambutan Kepala MAN 1 Ketapang, H. Mauluddin, S. Ag menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan mahasiswa PPL yang secara langsung maupun tidak langsung turut membantu proses belajar mengajar di MAN 1 Ketapang, Ia juga mengungkapkan bahwa apa yang didapat dari pelaksanaan PPL selama ini, jadikan sebagai pengalaman untuk mengasah kemampuan menjadi seorang pendidik, dan harapan nantinya menjadi tenaga pendidik yang profesional. 

Selama melaksanakan PPL di MAN 1 Ketapang, para mahasiswa dibimbing oleh guru pamong sebagai nara sumber, pendamping, pengarah dan penilaian selama PPL berlangsung. Mahasiswa PPL dalam melaksanakan PPL yang mereka lakukan antara lain :

1. Melaksanakan PBM tatap muka. 

2. Melaksanakan tugas-tugas guru, seperti mengoreksi, mengolah nilai, memberi tugas, memberi sangsi, sampai kepada piket harian 

3. Melaksanakan dan membantu kegiatan ekstra kurikuker

4. Mengikuti segala kegiatan rutin di madrasah, seperti pembacaan surah Yasin, sholat jumat, tadarus Al-Quran

5. Dll. 

Dalam acara penyerahan tersebut juga diserahkan dari kampus kenang-kenangan, seperti plakat dan cindera mata.