Kemenag@kalbar. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si didampingi oleh Kabid Penais Zawa H. Kaharuddin S.Ag menghadiri Rapat Tim Gugus Penanganan Covid-19 di Kantor Gubernur Kalbar, Rabu, 1 April 2020.

Ridwansyah menuturkan bahwa kegiatan rapat tersebut merupakan bagian dari upaya serius Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersama Forkopimda dan Instansi Vertikal lainnya dalam pengurusan Jenazah orang/pasien yang terlantar Tahun 2020 paska merebaknya Virus Corona Covid-19.

Ridwansyah menambahkan bahwa melalui kesempatan tersebut disepakati protokol penanganan jenazah yang terlantar atau jenazah yang tertular covid-19 yang harus disampaikan dan disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga standar penanganan pemakaman dapat dilaksanakan.

"Semua proses janazah korban Covid-19 ini akan ditangani oleh petugas kesehatan, misalnya jenazah muslim dari proses pemandian, pengafanan dan menyolatkannya dilaksanakan di rumah sakit dan tidak lagi dibawa kerumah, hal ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona di masyarakat," katanya.

Ridwansyah juga berharap agar pengurus pemakaman umum dapat menerima pemakaman dengan segera tanpa adanya penolakan dari masyarakat.

Rapat tersebut berlangsung singkat yang dipimpin oleh Sekda Kalbar dan dihadiri oleh pula oleh Ketua FKUB Dr. H. Ismail Ruslan, M.Ag beserta 6 Tokoh Agama lainnya seperti Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu. (Ir)