Kemenag@Kalbar. Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si meneriam kunjungan Agent Badan Intelijen Keamanan (BIK) Mabes Polri DR. Yusuf Setiadi, SH.MH, M.Hum, Rabu, 8 April 2020.

Yusuf Setiadi menyatakan bahwa tujuan kunjungannya adalah untuk mengkoordinasikan program bersama dalam mencegah penyebaran Corona Virus disease 2019 (Covid-19) khususnya di Kalimantan Barat.

Pada Kesempatan tersebut Ridwansyah yang didampingi oleh Kepala Bidang Penais Zawa Kaharudin, S.Ag dan Kabid Urais H. Ehsan, S.Ag, M.Si menjelaskan bahwa Kanwil Kemenag Kalbar telah melakukan berbagai program pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengacu pada Surat Edaran Kementerian Agama, Maklumat Polri, KLB Gubernur Kalbar, dan Fatwa MUI dan Edaran Pemerintah Kota Pontianak.

Ridwansyah menambahkan bahwa selain mengeluarkan edaran kepada seluruh Satuan kerja di daerah tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai, Protokol layanan Publik diseluruh KUA Kecamatan se-Kalimantan Barat.

Tidak hanya itu Kanwil Kemenag Kalbar juga bekerja sama dengan Baznas Prov. Kalbar telah melakukan berbagai program seperti membentuk posko Siaga Covid-19, Posko Peduli dampak Ekonomi Covid-19 dan Posko Rumah Sehat yang berada di tiga lokasi strategis di Kalimantan Barat.

"Program tersebut melibatkan seluruh Elemen Masyarakat seperti para penyuluh, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat, semuanya bahu-membahu dalam upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran Virus Corona di Kalimantan Barat" jelas Ridwansyah. (Ir)