Kemena@kalbar. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si terus berupaya melakukan sosialisasi dan himbauan pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

Salah satu  bentuk sosialisasi yang dilakukan adalah dengan memasang Spanduk/Baliho yang bertuliskan Cegah Covid-19  khususnya pada garda terdepan  layanan kepada masyarakat yakni di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kalimatan Barat.

“Alhamdulillah saat ini telah terpasang Spanduk/Baliho yang berisi himbauan Cegah Covid-19 pada 175 Kantor Urusan Agama se-Kalimantan Barat” jelas Ridwansyah.

Tidak hanya itu, melalui spanduk tersebut disampaikan pula pesan-pesan layanan KUA yang harus disampaikan dan diketahui oleh masyarakat yang berada diseluruh pelosok Kecamatan di Kalimantan Barat.

Ridwansyah menegaskan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya Virus Corona di lingkungan masyarakat Kantor Urusan Agama di Kalimantan Barat.

“Kami terus mendorong pelayanan secara online di KUA Kecamatan namun jika terpaksa pelaksanaan nikah dilaksanakan, maka harus memperhatikan protokol di KUA yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama” tegas Ridwansyah.

Ada 3 (tiga) pesan utama yang disampaikan Kakanwil Kemenag Kalbar melalui protokol pernikahan yaitu: Pertama: Akad nikah yang dilakukan di Kantor KUA maupun diluar KUA harus diruangan terbuka atau berventilasi sehat.

Kedua: Batasi jumlah yang hadir dalam prosesi akad nikah dengan tidak lebih dari 10 (sepuluh) orang dan seluruhnya menggunakan sarung tangan dan Masker. Ketiga: Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer sebelum dan sesudah memasuki ruangan bagi catin, Wali Nikah, Petugas dan Anggota keluarga yang ikut menghadiri.

Ridwansyah kembali mengajak masyarakat Kalimantan Barat dengan ungkapan “Cegah penyebaran Covid-19 dengan social Distancing (Jaga Jarak)!!!”. (Ir)