Kemenag@Kalbar. Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh Kaum Muslimin karena didalamnya terdapat kemuliaan dan kebaikan yang berlimpah. Sebagai bulan yang penuh berkah, Ramadhan menghadirkan banyak amalan seperti Puasa, Sahur, Berbuka Puasa, Shalat Tarawih, Tadarus Alqur’an dan ibadah lainnya yang bisa kita laksanakan di bulan Ramadhan.

Mengingat Ramadhan tahun ini (1441 H) berada dalam darurat wabah pandemi Covid-19, maka  sebagai Instansi pemerintah yang melayani bidang pendidikan agama dan keagamaan perlu menerbitkan Panduan Tuntunan Amaliyah Ramadhan untuk masyarakat muslim yang mengamalkannya.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Kanwil Kemenag Kalbar H. Kaharuddin, S.Ag menuturkan bahwa Tuntunan Amaliyah Ramadhan ini disusun untuk memudahkan  masyarakat dalam menunaikan amal ibadah dibulan Ramadhan dimasa darurat Covid-19.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah menjelaskan bahwa saat ini dunia sedang menghadapi wabah Covid-19 yang sangat meresahkan masyarakat. Semua serba terbatas, sehingga hampir semua ibadah harus dilakukan secara individu atau bersama keluarga di rumah masing-masing.

“Jika pandemi Covid-19 ini terus berlanjut, maka amaliyah Ramadhan yang biasanya dilakukan secara berjamaah/bersama maka  akan menjadi bulan yang mengharuskan kita beribadah dirumah-masing-masing” jelas Ridwansyah.

Lebih lanjut Ridwansyah menuturkan bahwa hadirnya tuntunan ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat awam, agar tidak khawatir untuk beribadah meskipun didalam rumah. “Tunutunan amaliyah Ramadhan ini tentu sangat bermanfaat karena didalamnya terdapat tuntunan praktis tentang amaliyah di bulan ramadhan” imbuhnya.

Selanjutnya apresiasi dan ungkapan terimakasih disampaikan oleh Ridwansyah kepada Kepala Bidang Penais Zawa dan tim penyusun yang terdiri dari penyuluh agama islam yang memberikan kontribusi untuk menghadapi darurat pandemi Covid-19 dalam pembinaan umat.

Buku Panduan Tuntunan Ramadhan dapat di Dowload melalui Website resmi Kanwil Kemenag Kalbar di informasi penting "kalbar.kemenag.go.id" atau https://kalbar.kemenag.go.id/id/informasi/buku-tuntunan-amaliyah-ramadhan (Ir)