Kemenag@Kalbar.  Menyikapi terbitnya Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor: P-003/DJ.III/Hk.00.7/04/2020 tentang  Perubahan pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik, maka Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si menggelar Rapat Virtural melalui Media Online, Senin, 6/4/2020.

Kegiatan Rapat pimpinan melalui media online tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat beserta pada Kepala Bidang, Pembimas dan Kasubbag pada Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar.

Ridwansyah menjelaskan bahwa Rapat Virtual ini dilakukan menyesuaikan edaran Menteri Agama yang saat ini seluruh ASN bekerja di rumah masing-masing. Adapun agenda rapat tersebut membicarakan berbagai macam program dan kegiatan terutama mengevaluasi mengenai layanan publik.

Dengan adanya SE Dirjen Bimas Islam tersebut Ridwansyah berharap agar para Kepala KUA di Kecamatan memahami dan mengimplementasikan di lapangan dengan berpedoman pada surat edaran tersebut.

“Proses layanan publik di KUA seperti pernikahan tentunya harus memperhatikan betul tentang kondisi darurat covid-19 yang sangat berkembang dan menyebar luas di wilayah kita termasuk di Kalimantan Barat” tegas Ridwansyah.

Sesuai dengan edaran tersebut Ridwansyah berharap agar seluruh KUA dapat melaksanakan proses pernikahan di KUA bagi catin yang sudah mendaftar terhitung sebelum 1 April 2020. “Itupun harus harus dilaksanakan di Kantor KUA”  imbuhnya.

Selanjutnya Ridwansyah menghimbau agar aqad nikah tidak dilaksanakan di rumah, kondisi ini tentu diharapkan bisa dipahami oleh masyarakat, sehingga proses pelaksanaan acara yang sangat sakral ini sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dengan mengatur jarak guna mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Adapun layanan lainnya seperti konsultasi dan koordinasi Ridwansyah berharap dapat dilakukan melalui media online. “Kami berharap kepada Kepala KUA diseluruh Kalimantan Barat dapat menyikapi hal ini dengan sebaik-baiknya” pungkasnya.

Selain itu Ridwansyah memaklumi kondisi di daerah yang berbeda-beda, maka Ia berharap kepada seluruh Kakan Kemenag dan KUA untuk meningkatkan koordinasi dan mematuhi peraturan pemerintah daerah masing-masing. Sehingga proses pencegahan pengembangan Virus Corona dapat terus dilakukan dan layanan kepada masyarakatpun tetap dapat dilaksanakan.

“Mudah-mudahan hal ini bisa dipahami oleh seluruh masyarakat dan para petugas Kementerian agama di daerah sehingga kita semua sehat dan selamat” harap Ridwansyah. (Ir).