Kemenag@Kalbar. Membangun kepedulian dan kebersamaan dalam menghadapi darurat pandemi Covid-19 menjadi suatu keharusan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si saat meninjau Posko Siaga Covid-19 di Kantor Kemenag Kota Pontianak, Rabu, 22/4/2020.

Ridwansyah menjelaskan bahwa Wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuklah Indonesia dan Kalimantan Barat ini tentu menimbulkan dampak kesehatan, ekonomi dan sosial pada tatanan masyarakat.

“Oleh karena itu semangat kepedulian dan kebersamaan terhadap sesama harus terus dibangun, lebih-lebih dalam nuansa bulan suci Ramadhan yang segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT” jelas Ridwansyah.

Pada kesempatan tersebut, Ridwansyah juga memberikan apresiasi kepada para Posko Siaga Kovid-19 Kota Pontianak yang di Koordinir langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak Drs. H. Syarifendi beserta jajarannya.

“Inisiatif untuk melakukan upaya-upaya sosial seperti ini harus terus dilakukan dengan membangun koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak, sehingga dampak Ekonomi Covid-19 yang dirasakan oleh masyarakat dapat dikurangi” imbuhnya.

Ridwansyah menuturkan Posko Siaga Covid-19 yang berada di Kabupaten Kota merupakan suatu bentuk nyata Kementerian Agama dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

“Kita berharap mudah-mudahan kegiatan serupa bisa dilakukan oleh Kelompok masyarakat lain termasuklah di rumah-rumah Ibadah, masjid, gereja dan tempat lainnya dalam menunjukkan semangat kepedulian sosial kepada saudara kita yang mengalami kesulitan” harap Ridwansyah.

Sebelum menutup arahannya Ridwansyah menegaskan bahwa saat diberikan kemempuan untuk berbagi seperti ini, maka profit keuntungannya sangat tinggi dihadapan Allah SWT, apalagi dalam bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah.

“Membangun semangat kepedualian dan kebersamaan ditengah-tengah darurat pandemi Covid-19 merupakan perjuangan yang luar biasa dan membutuhkan tekat yang kuat, seperti jalan mendaki yang harus ditempuh dengan semangat dan kesabaran yang tinggi untuk meraihnya” jelas Ridwansyah.

Akhirnya Ridwansyah mengajak untuk saling peduli dan saling berbagi karena insya Allah ini semua pasti ada hikmahnya. “Mudah-mudahan kita mendapatkan keridhaan Allah SWT terutama meraih kesuksesan puasa ramadhan dengan memperoleh predikat muttaqin, yakni orang yang mulia disisi Allah SWT” pungkasnya.

Kegiatan Pengawasan dan pembinaan Posko Siaga Covid-19 dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalbar. H. Kamaluddin, S.Pd, M.Md. Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak, Kepala MAN 3 Pontianak dan Panitia Siaga Covid-19 Kota Pontianak. (Ir)