Kemenag@kalbar. Mencermati perkembangan penyebaran COVID-19 akhir-akhir ini yang semakin meluas dan berbagai kebijakan baru terkait dengan sinergi untuk menghambat penyebaran virus tersebut maka Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si kembali mengeluarkan edaran Nomor: 902 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Kanwil Kemenag Kalbar.

Ridwansyah menjelaskan bahwa Surat edaran ini dalam rangka menindaklanjuti surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Agama RI Nomor: SE.5 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Adapun isi edaran tersebut diantaranya mengatur tentang kehadiran di Kantor, Pengaturan bekerja dari rumah/tempat tinggal dan peningkatan pencegahan penularan COVID-19 pada pegawai Kementerian Agama dengan mengelola data pegawai untuk dapat memperbaharui data pegawai Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK).

Dalam edaran tersebut juga dijelaskan secara teknis bahwa Pegawai Kementerian Agama semaksimal mungkin dapat bekerja di rumah dengan menyelesaikan tugas fungsi masing-masing.

“Bagi pegawai yang karena sifat pekerjaannya memberikan pelayanan atau masyarakat memerlukan pelayanan langsung mengharuskan hadir di kantor, agar tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan” jelas Ridwansyah.

Lebih lanjut Ridwansyah menegaskan bahwa selama dalam tenggang waktu pelaksanaan bekerja di rumah, pegawai tidak diizinkan bepergian keluar daerah dan/atau kegiatan mudik dalam rangka hari raya Idul Fitri 1441 H ataupun kegiatan mudik lainnya.

Selain itu Satuan kerja agar mulai membuka layanan secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memastikan bahwa layanan kepada pihak-pihak lain tetap dapat dilaksanakan.

Adapun ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran tersebut mulai berlaku pada tanggal sejak ditetapkan 30 Maret 2020 sampai dengan tanggal 21 April 2020, dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi. (Ir).