Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMP Kota Pontianak menggelar acara silaturrahim pada Jumat (17/7/2020). Kegiatan berlangsung di SMP Negeri 1, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Pontianak. Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Sumargi, S.Ag, S.Pd, M.Pd.I, yang sekaligus didaulat untuk memberikan pembinaan kepada seluruh pengurus dan anggota MGMP PAI SMP yang hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala SMP Negeri 1 Pontianak (Yuyun Yuniarti), staf/pelaksana pada Seksi PAI Kemenag Kota Pontianak (Sumiati dan Eka Susanti), Pengawas PAI SMP (Sya’rani dan Syafe’i), Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Kalbar (Anuar, M.Pd.I), Ketua MGMP PAI SMP Kota Pontianak (Rodi Hartono, S.Ag, M.Pd.I) beserta pengurus,  serta sejumlah anggota MGMP PAI SMP yang juga adalah Guru PAI SMP Negeri dan Swasta di Kota Pontianak.

Acara silaturrahim diawali dengan pembacaan doa oleh Kepala SMP Mujahidin Pontianak, Ustadz Abdul Karim Lubis, MA. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMP Negeri 1 Pontianak sebagai sohibul bait atau tuan rumah. Kemudian sambutan Ketua MGMP PAI SMP Kota Pontianak sebagai pelaksana kegiatan. Selanjutnya sambutan perwakilan pengawas PAI yang diwakili oleh Syafe’i, S.Ag. Acara puncak adalah sambutan sekaligus pembinaan Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Kepala SMP Negeri 1 Pontianak, Yuyun Yuniarti dalam sambutannya sebagai tuan rumah menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Pengurus MGMP SMP telah memilih SMP yang dipimpinnya sebagai tuan rumah kegiatan. Dikatakannya, dirinya merasa tersanjung dan bahagia sekali menjadi tempat pelaksanaan kegiatan. Pihaknya juga membuka diri dan mempersilakan jika di waktu yang akan datang memerlukan aula SMP Negeri 1 untuk kegiatan serupa.

Selanjutnya Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak Sumargi dalam sambutannya dan arahannya memberikan apresiasi kepada pengurus MGMP yang menggagas acara silaturrahim tersebut. Banyak hal disampaikan Sumargi terkait kiprah dan pentingnya keberadaan MGMP sebagai wadah berkumpul dan pengembangan diri untuk GPAI.

Karena, lanjut Sumargi, melalui MGMP banyak informasi dan program kegiatan yang bisa disampaikan kepada seluruh anggotanya. Oleh karena itu, MGMP diharapkan mampu memantapkan program-program yang sudah mapan. Antara lain terkait pembuatan RPP 1 halaman. Mengingat saat ini situasi Covid-19, Guru PAI diharapkan mampu menyesuaikan metode pembelajaran yang dilakukan.

“Jangan berhenti untuk terus belajar dan melakukan inovasi pembelajaran. Guru PAI juga harus mampu bersinergi dengan yang lain, tidak menutup diri dengan lingkungan serta diharapkan mampu menjadi perekat dan bisa memotivasi bagi Guru PAI yang lain,” pesan Sumargi.

Selanjutnya, Guru PAI Kota Pontianak diharapkan tidak hanya aktif di sekolah, tapi juga harus bermanfaat serta aktif di masyarakat. Seperti di majelis taklim dan di masjid yang ada di lingkungan masing-masing, pesan Alumnus Magister Pendidikan Islam IAIN Pontianak ini kepada seluruh Guru PAI yang hadir.*(sumi/ptk)