Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kemenag Kota Pontianak, H. Sumargi, S.Ag, S.Pd, M.Pd.I mengunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak pada Selasa (7/7/2020) siang. Kedatangan Sumargi disambut hangat oleh Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTKP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Paryono di ruang kerjanya.

Adapun tujuan kedatangan Sumargi di Gedung Terpadu Lantai 2 Jalan Letjen Sutoyo Pontianak ini adalah untuk bersilaturrahim memperkenalkan diri sebagai Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak yang baru. Selain itu, juga berkoordinasi terkait program kegiatan dan berbagai persoalan Pendidikan Islam di Kota Pontianak. Diantaranya terkait persoalan kekurangan Guru Pendidikan Agama Islam di Kota Pontianak.

Mengawali pertemuan tersebut, Sumargi yang datang berkunjung bersama dua staf pelaksana pada Seksi PAI, Sumiati dan Eka Susanti memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya kepada Suparyono. Turut mendampingi Suparyono dalam pertemuan tersebut tiga Kepala Seksi (Kasi) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak. Yakni Kasi Tenaga Pendidik (Endang Susanti), Kasi Tenaga Kependidikan (Fuadiyah) dan Kasi Data (Zulfikar).

Menanggapi apa yang disampaikan Sumargi, Kabid. PTKP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Suparyono menyambut baik dan berjanji akan menindaklanjuti berbagai program kegiatan PAI di waktu yang akan datang dengan melibatkan Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak. Terkait kekurangan Guru PAI, pihak Dinas Pendidikan Kota Pontianak juga mengakui terus berupaya berkoordinasi dan menyampaikan persoalan tersebut kepada Pemerintah Kota Pontianak dan berharap segera ada solusinya.

Dalam pertemuan tersebut, Sumargi menyerahkan data Guru PAI Kota Pontianak (PNS dan Non PNS) Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru yang dibayarkan melalui DIPA Pendis Kantor Kemenag Kota Pontianak Tahun 2020. Berdasarkan data yang diserahkan, jumlah Guru PAI PNS Kota Pontianak Tahun 2020 berjumlah 251 Orang. Sedangkan Guru PAI Non PNS 46 Orang.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak berharap agar koordinasi lintas sektoral antara Kantor Kemenag Kota Pontianak dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak dapat terus terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan lagi. Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.*(sumi/ptk)