Sosialisasi Audit Kinerja Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sekadau dilaksanakan oleh Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI bertempat di aula Kantor, Selasa (14/1/2020). Kegiatan dihadiri Plh. Kemenag Sekadau H.Suprapto, Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Bendahara dan ASN di lingkungan Kemenag Sekadau.

Mahmudah selaku pengendali teknis tim audit kinerja menuturkan sosialisasi dilaksanakan dalam rangka melihat keberhasilan tugas dan fungsi satker kemenag, maka perlu dilaksanakan pendampingan satker untuk persiapan audit kinerja. Usulan dari Inspektur wilayah IV yang ditujukan kepada sekretaris Itjen tentang Program Kerja Pengawasan tahunan melakukan pendampingan, karena di tahun 2020 ini Kabupaten sekadau akan di laksanakan audit kinerja.

Audit kinerja akan dilaksanakan merupakan versi 2.0, berbeda dengan audit sebelumnya yang masih menggunakan versi 1.0. Untuk audit 2.0 akan melihat pengelolaan anggaran yang berada di DIPA di mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga outcome (hasilnya) yang akan turut dinilai. Penilaian audit meliputi pengelolaan anggaran tahun 2019, Mahmudah berharap dengan adanya sosialisasi satker kemenag sekadau nantinya dapat melaksanakan apa yang akan disampaikan terkait audit kinerja. 

Tujuan dilaksanakan audit 2.0 agar satker yang akan di audit memahami, memiliki kemampuan mempersiapkan dokumen dan diharapkan lebih siap. Audit kinerja 2.0 akan menitikberatkan penilaian kinerja dari segi Efesiensi, Efektivitas, dan Ekonomis (3 E). “Berbeda dengan audit 1.0 sebelumnya yang hanya menilai dari segi ekonomis," tandasnya.

Tim Itjen terdiri dari 4 orang diantaranya Mahmudah selaku pengendali teknis, Eliayana Rahmach sebagai ketua tim dengan anggota Ahmad Rifa'i dan Abdur Rahman Saputra. Setelah sosialisasi dilaksanakan simulasi audit kinerja 2.0 pendampingan sebagai persiapan audit yang akan dilaksanakan pada bulan juni nanti. (Andre)