Bengkayang_Plt. Kepala Kantor Kemenag Bengkayang, H. Damsir, S.Ag menghadiri sekaligus menyampaikan materi pada  kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Bengkayang. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Selasa (19/10) di Masjid Besar Al Fatwa Samalantan.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Camat Samalantan yang diwakili oleh Kasi Trantib, Pihak Pemda Bengkayang yang diwakili oleh Staf Bagian Kesra, Ketua MUI Bengkayang, Ketua Baznas Bengkayang serta pengurusnya, Kepala KUA Samalantan, Kepala KUA Monterado, Upz Masjid Al Fatwa Samalantan, serta tamu undangan. Pada kesempatan ini ada 3 kecamatan yang diundang antara lain kecamatan Samalantan, Kecamatan Monterado dan Kecamatan Lembah Bawang.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh perwakilan dari Camat Samalantan, dilanjutkan sambutan dari Ketua Baznas Bengkayang H. Burhan. Kemudian arahan dari bagian Kesra Pemda Bengkayang.

Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Plt. Kepala Kantor Kemenag Bengkayang, H. Damsir, S.Ag yang menyampaikan beberapa materi perundang-undangan tentang optimalisasi pengumpulan zakat, mulai dari undang-undag, Inpres RI, hingga Peraturan Bupati Bengkayang, diantaranya UU RI No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan Instruksi Presiden RI Nomor 3 tahun 2011 tentang optimalisasi pengumpulan zakat. Tidak hanya menyampaikan materi, Plt. Kepala juga memberikan penjelasan terkait beberapa hal yang dianggap masih terasa membingungkan.

Setelah itu ada penyampaian materi dari Ketua MUI Bengkayang Ramli, S.HI yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada dhuafa berupa beras 10Kg secara simbolis, penyerahan santunan kepada Pelajar berupa uang tunai secara simbolis, dan bantuan kepada Majelis Taklim. Nantinya bantuan akan disalurkan kepada dhuafa dan pelajar yang telah terdaftar oleh informan zakat.