Sambas, Rabu (07/10/2020) Kepala KUA Kec. Sajad Ahadi,S.Sos pimpin do’a pada acara sosialisasi sosialisasi pemilihan kepala daerah (PILKADA) Kab. Sambas yang diadakan oleh Panitia Pengawasan Pemilu (PANWASLU) Kec. Sajad di Aula Gedung Serba Guna Desa Tegguli Kec. Sajad Kab. Sambas yang diikuti seluruh forkopincam, Kepala Desa, Kapolsek, Koramil, PPK, Tokoh Agama, Pemuda, Prempuan dan perwakilan pemilih permula  serta hadir pula anggota BAWASLU Kab. Sambas.

Ketua Panwaslu Kec. Sajad Herdi melaporkan kegiatan melibatkan semua unsur terkait dan mengajak untuk memanfaat kegiatan ini menambah pemahaman dan semangat kerja bagi anggota Panwaslu Kecmatan, karena sosialisasi ini bertujuan :

  1. Untuk mengubah, memelihara, membentuk, dan mentransmisikan kebudayaan politik, dimana kita mempunyai banyak keragaman kebudayaan yang ada pada masyarakat. Keragaman kebudayaan yang kita dimiliki salah satunya adalah kebudayaan politik. Kebudayaan politik memiliki fungsi dan peranan yang penting dalam menjaga kelangsungan sistem kemasyarakatan
  2. Untuk memelihara kebudayaan dalam pilkada seperti yang kita tau bahwa Indonesia menganut sistem politik demokratis. Hal tersebut berarti dalam melakukan kegiatan atau proses politik, negara dan pemerintah mesti melibatkan masyarakat.
  3. Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan seseorang tentang dunia politik, karena tidak semua orang memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai politik yang sama. Oleh karena itu sosialisasi pilkada diperlukan dalam menyelenggarakan kehidupan politik di masyarakat. Sosialisasi ini bisa meningkatkan pemahaman dan pengetahuan seseorang tentang dunia politik yang ada.
  4. Untuk mengajarkan nilai-nilai Yang ada di politik, nilai-nilai atau keyakinan yang ada di politik adalah sikap yang dimiliki oleh individu pada sistem politik berserta komponen-komponennya. Nilai-nilai dalam politik itu mengajarkan masyarakat untuk menjadikan politik sebagai suatu budaya tegasnya. 

Camat Sajad Jumli, S.Ip, M.Si Sosialisasi pilkada hari ini  merupakan proses interaksi yang memberikan pengaruh terhadap pengetahuan kita, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengaruh kepada kita untuk mengetahui aturan/regulasi dan tatalaksana pilkada dengan benar ungkapnya. 

Kapolsek Sajad diwakili Bripka Budi menyampaikan ajakan kepada perangkat Desa se-Kecamatan Sajad untuk mensukseskan dan mendukung Pemilukada serentak tahun 2020 yang aman, damai, sejuk dan kondusif. "Pemilu yang berkualitas adalah Pemilu tanpa Isu SARA dan Konflik. Kami juga menghimbau agar warga masyarakat, harus cerdas dalam memilih dan jangan mau terprovokasi dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.(AHD)