SINGKAWANG. Rabu (8/3) Kasi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Madrasah Tahun 2017 di Aula Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Kegiatan sosialisasi UAMBN ini diikuti sekitar 40 orang yang terdiri dari waka kurikulum dan kepala madrasah baik negeri maupun madrasah swasta dilingkungan Kemenag Kota Singkawang mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Kasi Pendis Kantor Kemenag Kota Singkawang Dr. H. Arnadi, M.Pd dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dilaksanakan sebagai langkah persiapan dan pemantapan bagi madrasah mengingat semakin dekatnya jadwal pelaksanaan Ujian Nasional 2017. Ia juga menjelaskan bahwa pola pelaksanaan ujian tidak jauh berbeda dengan ujian yang lalu hanya saja pada tahun ini akan dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk itu ia meminta setiap madrasah untuk mengisi blanko sarana dan prasarana yang dimiliki yang terkait UNBK yaitu sarana serverdan komputer. Hal ini dilakukan untuk pemetaan tempat pelaksanaan UNBK pada tiap jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si saat membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa ujian yang dilakukan bukanlah sebagai syarat kelulusan siswa, melainkan hanya sebatas pemetaan mutu pendidikan. Kelulusan siswa tetap berdasarkan nilai dari sekolah atau madrasah. Walaupun demikian, ia tetap mengharapkan kepada seluruh kepala madrasah untuk mempersiapkan peserta didik masing-masing baik fisik maupun mental sehingga dapat mengikuti ujian dengan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan.(Jk/Hms)