Sebagaimanan kita ketahui bersama bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter bangsa yang bermartabat dalam ramngka mencerdaskan kehidupan Bangsa, oleh karena itu salah satu tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anak yang beriman dan beraklak mulia.

Dengan adanya pendidikan yang berkualitas maka akan bisa menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, kreatif dan inovatif , selanjutnya untuk mengetahui tingkat kemampuan pendidikan salah satunya perlu dilakukan penilaian peserta didik melalui ujian pada akhir tahun pendidikan.

Untuk mencapai tujuan pendidkan diatas, maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggelar kegiatan Sosialisasi Ujian Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015.

Kasi Kurikulum dan Evaluasi Pendidikan Madrasah H. Ilham, S.Pd.I menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Sosialisasi Ujian Madrasah tersebut adalah untuk memberikan informasi baru terkait ujian nasional pada madrash dan ujian akhir pada madrasah berstandar nasional tahun pelajaran 2014-2015.

Salah satu dasar penyelenggaraan kegiatan ini adalah Keputusan Direktur Pendidikan Agama Islam No. 32 tahun 2015 tentang ketentuan ujian Akhir madrasah pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2014-2015 tambah Ilham.

Kegiatan Sosialisasi Ujian Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai hari senin, tanggal 16 17 maret 2015 yang bertempat digendung Dekopinwil Provinsi Kalimantan Barat Jl. Sutoyo Pontianak.

Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 77 orang yang terdiri dari Kasi Pendis , Kepala MAN, kepala MTsN dan kepla MIN se-Kalimantan Barat.

Ilham menambahkan Sebagai materi penujang kegiatan tersebut adalah Kebijakan Bidang Pendidikan Madrasasah Kanwil Kemenag Prov, Kalbar, Mekanisme pendidikan nasional , melkanisme pendataan dan mekanisme penyelenggaraan Ujian berstandar Nasional

Adapun pembiayaan kegiatan Sosialisasi Ujian Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 dibebankan kepada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Tahun 2015.

Pembukaan Sosialisasi Ujian Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si. Dalam arahannya Syahrul Yadi menjelaskan bahwa Ujian Nasoional pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, salah satu perbedaan yang menonjol ialah Hasil ujian Nasional bukan penentu kelulusan dari satuan pendidikan , akan tetapi ujian pendidikan nasional digunakan sebagai pemetaan mutu pendidikan /satuan, Sebagai pertimbangan masuk jenjang pendidikan berikutnya dan sebagai Pertimbangan pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan penedidikan dalam menunjung tujuan pendidikan. (Ir/Inmas)