Dalam rangka untuk menjelaskan tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada bulan april 2017, maka Madrasah Aliyah Negeri Model Singkawang menggelar Sosialisasi UNBK dan USBN bersama dengan orang tua siswa kelas XII yang juga dihadiri oleh Kepala MAN Model Singkawang, Ersan, Ketua Komite, Mansur dan Kasi pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Arnadi. Acara tersebut digelar pada Hari Kamis, 2 Pebruari 2017 lalu bertempat di Aula PSBB MAN Model Singkawang. Banyak Hal yang dijelaskan kepada orang tua siswa kelas XII baik mengenai jadwal serta Fasilitas yang harus dipenuhi untuk mensukseskan UNBK maupun USBN Tahun Ajaran 2016-2017.

Hal yang paling mendasar yaitu jumlah komputer yang akan digunakan untuk UNBK masih minim sehingga masih diperlukan partisipasi siswa untuk meminjamkan Laptop pribadinya agar pelaksanaan UNBK bisa dilaksanakan di MAN Model Singkawang, mengingat jadwal UNBK sudah diatur selama 3 sesi dan membutuhkan sekitar 75 Komputer dan 2 server.

Pada intinya orang tua siswa menyambut baik kegiatan UNBK yang akan di adakan di MAN Model singkawang sehingga apabila sekolah memerlukan Laptop untuk dipinjam maka orang tua bersedia meminjamkan untuk kelancaran UNBK, Kepala MAN Model Singkawang sangat berterima kasih atas kehadiran dan partisipasi orang tua siswa yang telah bersedia meminjamkan LAPTOP pribadinya dan berharap Seluruh siswa MAN Model yang duduk di Kelas XII dapat LULUS dengan Hasil yang memuaskan dan bagi yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dapat lolos dengan mudah. Semoga... (endri_mandel)